Tuesday, February 18, 2020

Chloramphenicol : Obat Untuk Mengatasi Infeksi Bakteri Pada Mata

Chloramphenicol : Obat Untuk Mengatasi Infeksi Bakteri Pada Mata


Anda pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata infeksi. Berdasarkan sudut pandang medis, infeksi merupakan serangan dan peningkatan yang sangat cepat dari mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan parasit yang tidak seharusnya ada didalam tubuh. Penyakit infeksi dapat bersifat lokal atau hanya menyerang bagian tubuh tertentu dan dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh. Salah satu organ tubuh yang sering mengalami infeksi adalah bagian mata. Mata merupakan salah satu anggota panca indera yang memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, mata harus selalu dijaga kesehatannya supaya kita dapat melihat dengan baik dan jelas.

Organ mata juga sangat rentan mengalami gangguan, baik yang berasal dari internal tubuh, maupun berasal dari luar tubuh. Gangguan yang berasal dari internal tubuh meliputi mata minus, mata plus, mata silindris dan buta warna. Sedangkan gangguan yang berasal dari luar tubuh dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, infeksi virus, maupun paparan debu dan polusi seperti mata merah, bintitan, keratitis, dan peradangan pada kelopak mata. Penyakit konjungtivitis atau mata merah merupakan salah satu gangguan yang sering terjadi pada mata. Penyakit konjungtivitis bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, infeksi virus, maupun karena paparan debu. Jika disebabkan oleh infeksi bakteri, anda bisa mengatasi penyakit konjungtivitis anda dengan menggunakan obat chloramphenicol.

Chloramphenicol merupakan obat yang sering digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri yang terjadi pada mata. Chloramphenicol termasuk kedalam obat golongan antibiotik yang bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri. Perlu dicatat bahwa chloramphenicol merupakan obat yang hanya bisa mengobati penyakit mata yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Obat ini tidak bisa digunakan untuk mengobati penyakit mata lainnya yang bukan disebabkan oleh infeksi bakteri seperti infeksi virus, faktor internal, maupun bawaan lahir. Chloramphenicol merupakan obat yang digunakan berdasarkan petunjuk dan resep dari dokter. Gunakan obat ini secara hati - hati dan jangan melebihkan dosis dari dosis yang telah ditetapkan. Chloramphenicol merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis chloramphenicol untuk orang dewasa
  • Untuk penggunaan salep ophtalmic, gunakan satu tetes setiap 3 jam.
  • Untuk dosis larutan atau obat tetes mata, gunakan satu tetes setiap 1 - 4 jam.


Dosis chloramphenicol untuk anak - anak
  • Untuk penggunaan salep ophtalmic, gunakan 1 tetes setiap 3 jam.
  • Untuk dosis larutan atau obat tetes mata, gunakan satu tetes setiap 1 - 4 jam.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, chloramphenicol juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping akibat penggunaan obat chloramphenicol. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin tejadi akibat penggunaan obat chloramphenicol, yaitu :
  • Diare ringan
  • Mual
  • Muntah
  • Timbul reaksi alergi seperti ruam, gatal, bengkak pada wajah, mulut, atau bibir.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search