Tuesday, February 18, 2020

Tips Sehat Di Musim Penghujan

Tips Sehat Di Musim Penghujan


Indonesia merupakan Negara tropis yang dianugerahi dengan dua jenis musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Musim kemarau merupakan suatu kondisi ketika curah hujan dikatakan jarang dan sangat sedikit. Sedangkan musim penghujan merupakan suatu kondisi ketika curah hujan sangat tinggi dan berlimpah. Ketika memasuki musim penghujan, biasanya suhu udara berubah menjadi agak sejuk dan cenderung dingin karena hampir setiap hari diguyur oleh hujan. Hujan memang dapat memberikan efek relaksasi dan ketenangan bagi sebagian orang. Tetapi, musim penghujan juga merupakan waktu yang tepat bagi virus, bakteri dan penyakit untuk menyebar.

Suhu dingin dan suasana lembab ketika musim penghujan membuat kita menjadi rentan terserang penyakit flu. Selain itu air yang menggenang dimana -  mana juga dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab penyakit seperti nyamuk demam berdarah, nyamuk penyebab malaria, nyamuk penyebab chikungunya, dan sebagainya. Selain itu, ketika curah hujan sangat tinggi dan terjadi banjir, kita juga rentan terkena penyakit leptopirosis yang disebabkan oleh paparan air kencing tikus yang terbawa banjir dan mengenai tubuh kita. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan tubuh kita saat memasuki musim penghujan seperti ini supaya kita tetap sehat dan semangat dalam menjalankan aktivitas sehari - hari.


Untuk menjaga kesehatan tubuh selama musim penghujan, anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini, yaitu :

1. Mengkonsumsi buah jambu biji

Buah jambu biji merupakan buah wajib yang harus dikonsumsi selama musim penghujan. Selain dikenal sebagai obat alami penyakit demam berdarah, hal ini juga berkaitan dengan kandungan nutrisi yang ada pada buah tersebut. Buah jambu biji merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat mencegah berbagai infeksi penyakit seperti flu, batuk, dan pilek. Buah jambu biji juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu tubuh anda untuk membunuh virus dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

2. Rajin berolahraga

Jangan jadikan musim hujan sebagai alasan anda malas berolahraga. Justru musim hujan merupakan waktu bagi anda untuk meningkatkan intensitas anda dalam berolahraga. Hal ini bertujuan untuk memperkuat daya tahan tubuh anda supaya terhindar dari bebragai penyakit yang banyak mengintai selama musim hujan. Jika anda tidak mau berolahraga diluar ruangan karena takut basah akibat air hujan, anda bisa melakukan olahraga dalam ruangan seperti yoga, pilates, dan jenis olahraga lainnya.

3. Mengkonsumsi makanan sehat


Selama musim penghujan, anda juga diharuskan untuk mengkonsumsi makanan - makanan sehat dan mengandung nutrisi tinggi seperti sayur - sayuran, buah - buahan, kacang - kacangan, daging, ikan, dan berbagai jenis makanan sehat lainnya. Hal ini karena berbagai makanan sehat tersebut mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti zinc, selenium, zat besi, asam folat, dan berbagai jenis vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search