Tuesday, February 18, 2020

Oxaliplatin : Obat Untuk Mengatasi Kanker Usus Besar Stadium Lanjut

Oxaliplatin : Obat Untuk Mengatasi Kanker Usus Besar Stadium Lanjut


Kanker merupakan penyakit yang sangat menakutkan sekaligus mematikan. Penyakit kanker berkembang secara perlahan dan gejala dari penyakit tersebut biasanya tidak akan muncul hingga penyakit sudah memasuki stadium lanjut. Ketika sudah memasuki stadium lanjut, biasanya peluang untuk sembuh dari penyakit kanker sangat kecil, tetapi bukan berarti tidak ada peluang. Tercatat ada beberapa orang yang bisa sembuh dari penyakit kanker stadium lanjut dengan menjalani berbagai jenis pengobatan modern untuk membunuh sel kanker yang sudah menyebar, meskipun tidak banyak. Faktor tingkat kesembuhan pasien pengidap kanker dipengaruhi dari tingkat daya tahan tubuh orang tersebut, motivasi dan dukungan dari keluarga sekitar, konsistensi dalam menjalani perawatan dan pengobatan, serta memiliki fikiran positif dan yakin akan mencapai kesembuhan.

Kemoterapi merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk membunuh sel kanker yang sudah menyebar ke seluruh tubuh. Metode ini sangat efektif digunakan pada pasien dengan penyakit kanker stadium lanjut. Dalam proses kemoterapi, dokter memberikan berbagai jenis obat - obatan yang biasanya berbentuk cairan infus yang digunakan untuk membunuh sel kanker pada pasien pengidap kanker stadium lanjut. Salah satu jenis obat kemoterapi yang seirng digunakan adalah oxaliplatin. Oxaliplatin merupakan jenis obat kemoterapi yang mengandung platinum dan sering digunakan untuk mengobati kanker rektum dan kanker usus besar stadium lanjut.

Oxaliplatin merupakan obat kombinasi yang biasanya digunakan bersama dengan obat lain dalam menggempur dan membunuh sel kanker. Obat ini biasanya diberikan melalui infus kedalam pembuluh darah selama 2 jam oleh tenaga medis professional seperti dokter atau perawat. Oxaliplatin biasanya diberikan setiap 2 minggu bersamaan dengan obat lain seperti fluoroacil dan leucovorin. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Oxaliplatin merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis oxaliplatin untuk orang dewasa
  • Hari pertama : 85 mg/m2 dan leucovorin 200 mg/m2 melalui pembuluh darah lebih dari 120 menit, kemudian diikuti dengan fluoroacil 400 mg/m2 selama lebih dari 2 menit sampai 4 menit, lalu ditutup dengan fluoroacil 600 mg/m2 sebagai infus selama 22 jam.
  • Hari ke dua : Leucovorin 200 mg/m2 melalui pembuluh darah lebih dari 120 menit diikuti oleh fluoroacil 400 mg/m2 selama lebih dari 2 menit sampai 4 menit, kemudian ditutup dengan fluoroacil 600 mg/m2 sebagai infus selama 22 jam.
  • Siklus ini diulang setiap 2 minggu.


Dosis oxaliplatin untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis oxaliplatin yang cocok dan pas untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika digunakan untuk pasien anak, sehingga hanya diperuntukkan bagi pasien dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, obat oxaliplatin juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat oxaliplatin, yaitu :
  • Pusing
  • Sesak napas
  • Bingung
  • Berkeringat
  • Gatal
  • Diare



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search