Tuesday, February 18, 2020

Ketahui Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Rambut

Ketahui Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Rambut


Rambut merupakan mahkota bagi pria maupun wanita. Memiliki rambut yang lebat, bersih, berkilau dan sehat merupakan dambaan bagi setiap orang. Rambut juga merupakan anggota tubuh yang berperan melindungi kulit kepala dari paparan sinar matahari. Oleh karena itu, anda juga perlu menjaga kesehatan rambut dengan serius. Sebab, ada beberapa masalah kesehatan yang mengintai rambut anda, seperti alopecia, rambut rapuh, rambut rontok, dan berbagai masalah rambut lainnya. Untuk mengatasi masalah pada rambut, kebanyakan orang biasanya menggunakan shampoo yang dijual bebas dipasaran. Tetapi, ternyata anda juga bisa menggunakan bahan alami untuk menjaga kesehatan rambut anda, salah satunya adalah menggunakan teh hijau.

Teh hijau merupakan salah satu minuman populer yang banyak dikonsumsi sebagai minuman kesehatan. Selain memiliki efek menenangkan, teh hijau juga kaya akan antioksidan yang sangat bermanfaat dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Teh hijau atau dalam bahasa tiongkok disebut dengan hanzi, merupakan nama teh yang dibuat dari daun teh yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah terjaidnya oksidasi. Anda juga bisa membuat teh hijau dengan cara menyeduh daun teh secara langsung. Teh hijau merupakan minuman populer di daratan tiongkok, Taiwan, hongkong, jepang, dan asia tenggara dan kini dikenal juga oleh Negara - Negara barat.

Selain memiliki manfaat untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, teh hijau juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan rambut.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat teh hijau bagi kesehatan rambut yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Membantu mencegah kerontokkan rambut

Kerontokkan rambut merupakan masalah yang bisa dialami oleh semua orang, baik pria maupun wanita. Kondisi ini umumnya bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti stress, diet, atau perubahan hormon. Untuk mencegah dan mengatasi kerontokkan rambut, anda bisa mengandalkan teh hijau. Hal ini karena teh hijau kaya akan kandungan katekin yang dapat membantu menekan pembentukan hormon dihidrotestosteron atau yang juga dikenal sebagai hormon androgen. Kandungan hormon androgen yang cukup tinggi pada pria, menjadi salah satu penyebab dari kerontokkan rambut. Oleh karena itu, kandungan katekin yang ada didalam teh hijau dinilai dapat membantu mencegah terjadinya kerontokkan rambut dengan cara menekan produksi hormon androgen didalam tubuh anda.

2. Mendukung pertumbuhan rambut

Selain dapat mencegah terjadinya kerontokkan rambut, teh hijau ternyata juga bisa digunakan untuk mendukung dan merangsang pertumbuhan rambut anda. Menurut penelitian yang diterbitkan didalam jurnal phytomedicine, unsur utama dari senyawa polifenol yang ada didalam teh hijau yaitu epigallocatechin-3-gallate (EGCG), diketahui dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Hal ini karena EGCG memiliki peranan sebagai pemicu pertumbuhan rambut dengan merangsang folikel - folikel rambut dan mencegah kerusakan pada kulit dan sel rambut. Tetapi, penggunaan teh hijau sebagai penyubur rambut juga masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah tanaman ini juga bisa dipakai untuk mengatasi masalah kerontokkan rambut akibat homon.

3. Membantu memenuhi nutrisi rambut


Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari teh hijau adalah dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi rambut anda. Temuan ini dibuktikan oleh para peneliti dari university of witten-herdecke. Para peneliti tersebut mengungkapkan bahwa kandungan polifenol yang ada didalam minuman teh hijau diketahui dapat meningkatkan aliran darah di kulit dan membantu memperlancar asupan oksigen ke dalam otak sebesar 29%. Untuk mendapatkan manfaat dari teh hijau dalam menjaga kesehatan rambut, anda bisa membuat masker rambut yang berbahan dasar teh hijau dan gunakan sehabis keramas. Anda juga bisa mendapatkan manfaat teh hijau dengan rutin meminumnya setiap pagi hari.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search