Tuesday, February 18, 2020

Ketahui Manfaat Rebung Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Rebung Bagi Kesehatan


Rebung merupakan tunas bambu muda yang sering diolah menjadi sayur. Tetapi, pernahkah anda melihat bentuk asli rebung ? Diperkotaan mungkin anda sudah sangat jarang menemui rebung. Tetapi, tanaman ini sangat banyak dijumpai di pedesaan. Selain diolah menjadi sayur, rebung juga bisa digunakan sebagai isi lumpia, dan juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan olahan seperti tepung rebung, cuka rebung, keripik rebung, rebung beku, dan asinan rebung. Rebung diketahui memiliki kandungan gizi yang cukup banyak, walaupun tidak sebanyak jenis sayuran lainnya. Beberapa zat gizi yang ada didalam rebung diantaranya karbohidrat, protein, dan 12 jenis asma amino. Tetapi, rebung memiliki keunggulan yaitu memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan tidak memiliki kandungan lemak jahat atau kolesterol sama sekali.

Rebung diketahui mengandung seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin E, asam folat, niasin, riboflavin, thiamin, dan asam pantotenat. Selain itu, rebung juga diperkaya dengan berbagai kandungan mineral seperti selenium, kalium, magnesium, natrium, kalsium, fosfor, seng, mangan, besi, dan tembaga. Oleh karena banyaknya kandungan zat gizi yang ada pada rebung, maka tidak heran jika rebung memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa anda peroleh jika rutin mengkonsumsi rebung, yaitu :

1. Menurunkan kadar kolesterol

Selain tidak memiliki kandungan kolesterol, rebung juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, berkat adanya kandungan fitonutrien dan fitosterol didalamnya. Dengan menurunnya kadar kolesterol dalam darah, maka anda juga turut menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, rebung juga memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar glukosa dalam darah, sehingga anda juga bisa terhindar dari penyakit gula jika rutin mengkonsumsi rebung.

2. Menurunkan risiko kanker

Salah satu manfaat rebung yang bisa anda dapatkan adalah dapat menurunkan dan mencegah terjadinya kanker pada saluran pencernaan. Hal ini tidak lain karena tingginya kandungan serat yang ada pada rebung. Perlu and aketahui bahwa serat memiliki kemampuan untuk menyingkirkan berbagai zat pengotor sekaligus menyingkirkan zat pemicu kanker. Selain itu, rebung juga memiliki kandungan asam fenolik yang dapat memberikan efek antioksidan untuk melindungi and adari penyakit kanker.

3. Menurunkan berat badan


Rebung merupakan salah satu bahan makanan yang sering digunakan sebagai makanan diet. Hal ini karena rebung memiliki kandungan serat yang cukup tinggi tetapi dengan kandungan kalori dan lemak yang sangat rendah. Oleh karena itu, rebung sangat baik dikonsumsi oleh anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, rebung juga memiliki manfaat dalam memperlancar buang air besar serta dapat menjaga kesehatan usus.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search