Tuesday, February 18, 2020

Ketahui Jenis Vitamin Dan Zat Gizi Yang Dapat Melancarkan Peredaran Darah

Ketahui Jenis Vitamin Dan Zat Gizi Yang Dapat Melancarkan Peredaran Darah


Vitamin merupakan salah satu unsur penting yang harus dipenuhi oleh tubuh manusia. Hal ini karena vitamin juga memiliki peranan dalam menjaga kesehatan tubuh dan menjamin fungsi tubuh berjalan dengan baik. Menurut sudut pandang ilmiah, vitamin merupakan sekelompok senyawa organik dengan bobot molekul kecil yang memiliki peranan penting dalam proses metabolisme tubuh. Vitamin memiliki peranan yang spesifik dalam tubuh manusia. Sebab, jika kadar vitamin dalam tubuh kita ada yang kurang, maka kita pun dapat terserang suatu penyakit. Setidaknya ada 13 jenis vitamin yang memiliki peranan dan fungsinya masing - masing dalam menjaga kesehatan tubuh manusia, salah satunya adalah menjaga lancarnya peredarah darah dalam tubuh manusia.


Berikut ini merupakan beberapa jenis vitamin dan zat gizi lain yang dapat membantu anda dalam melancarkan peredaran darah, yaitu :

1. Vitamin B3

Vitamin B3 atau yang memiliki nama ilmiah niasin merupakan salah satu jenis vitamin yang dapat membantu melancarkan peredaran darah. Seperti yang kita ketahui bahwa jika peredaran darah kita tidak lancar, maka kita akan mudah terserang berbagai penyakit mematikan seperti stroke dan serangan jantung. Dalam melancarkan peredaran darah, vitamin B3 bekerja dengan cara menurunkan kolesterol jahat, mengurangi terjadinya peradangan pada pembuluh darah, serta meningkatkan fungsi pembuluh darah dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Vitamin B3 secara alami terdapat pada daging sapi, daging unggas, telur, serta ikan.

2. Zat besi

Zat besi merupakan salah satu unsur penting yang menunjang kesehatan tubuh manusia. Hal ini karena tubuh manusia memerlukan zat besi untuk membentuk jaringan ikat. Jaringan ikat tersebut merupakan jaringan yang menyusun pembuluh darah dan berfungsi untuk mengontrol tekanan darah. Fungsi ini tentunya dapat terganggu jika anda mengalami kekurangan asupan zat besi. Secara alami, zat besi bisa anda peroleh pada daging merah, sayuran hijau gelap, dan suplemen zat besi.

3. Omega 3

Omega 3 merupakan salah satu jenis asam lemak yang banyak terdapat pada minyak ikan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal international journal for vitamin and nutrition research  menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi suplemen minyak ikan selama 4 pekan diketahui menglaami peningkatan aliran darah pada kaki setelah berolahraga. Selain itu, asam lemak omega 3 ini juga memicu terjadinya produksi nitrat oksida didalam tubuh. Proses produksi ini membuat pembuluh darah menjadi rileks sehingga aliran darah bertambah lancar.

4. Quercetin


Quercetin merupakan senyawa antioksidan yang termasuk kedalam kelompok flavonoid. Senyawa ini merupakan senyawa yang terdapat pada bawang bombai dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi pembuluh darah serta mencegah pembentukan plak kolesterol yang dapat mempersempit dinding pembuluh darah.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search