Tuesday, February 18, 2020

Ketahui Bahan Alami Yang Bisa Digunakan Untuk Meredakan Rasa Gatal Pada Kulit

Ketahui Bahan Alami Yang Bisa Digunakan Untuk Meredakan Rasa Gatal Pada Kulit


Setiap orang pasti pernah merasakan gatal. Tetapi, tahukah anda, apa yang dimaksud dengan gatal ? Gatal merupakan suatu perasaan tidak nyaman pada kulit yang membuat penderitanya melakukan respon pada rasa gatal tersebut dengan menggaruknya dan dalam dunia medis disebut sebagai pruritus. Gatal bisa terlokalisir pada salah satu bagian tubuh saja, seperti pada sela paha, atau pada sela jari tangan. Gatal juga bisa menyebar ke seluruh tubuh seperti yang terjadi pada kasus alergi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari kulit kering, paparan polusi, infeksi bakteri atau jamur dan berbagai penyebab lainnya. Jika disebabkan oleh alergi, rasa gatal tersebut biasanya diobati menggunakan obat anti histamin. Sedangkan jika disebabkan oleh bakteri atau jamur, rasa gatal tersebut diobati dengan menggunakan obat salep.

Tetapi, selain menggunakan obat - obatan yang mengandung bahan kimia, rasa gatal pada kulit juga bisa anda hilangkan dengan beberapa jenis bahan alami.


Berikut ini merupakan bahan - bahan alami yang bisa anda gunakan untuk meredakan rasa gatal yang anda alami, yaitu :

1. Lidah buaya

Lidah buaya atau yang juga dikenal dengan aloevera merupakan salah satu tanaman yang bisa anda gunakan sebagai obat gatal alami. Hal ini karena lidah buaya memiliki kemampuan untuk meredakan iritasi dan melembabkan kulit. Selain itu, lidah buaya juga bisa membantu merangsang pertumbuhan sel kulit yang mengalami iritasi sehingga dapat sembuh lebih cepat. Untuk menggunakannya, anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke kulit yang mengalami infeksi.

2. Centella asiatica

Centella asiatica merupakan nama ilmiah dari tanaman pegagan. Tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk meredakan rasa gatal akibat alergi karena mengandung zat anti alergi, antipruritus, dan antiinflamasi. Meskipun demikian, keamanan dari tanaman ini masih perlu di uji lebih lanjut.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang bisa anda gunakan sebagai obat gatal. Hal ini tidak lain karena adanya kandungan zat anti inflamasi pada minyak kelapa. Selain itu, minyak kelapa juga bisa meredakan rasa sakit akibat peradangan, dan meningkatkan kadar oksidan pada kulit yang diolesi oleh minyak kelapa. Minyak kelapa juga efektif dan aman digunakan sebagai pelembab kulit terutama untuk orang yang memiliki masalah kulit kering.

4. Minyak peppermint


Bahan alami lainya yang bisa anda gunakan sebagai obat gatal alami adalah minyak peppermint. Minyak peppermint merupakan minyak atsiri yang diperoleh dari pengolahan daun peppermint. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016, para peserta yang mengalami pruritus diuji dengan menggunakan minyak peppermint. Dalam kasus ini, minyak peppermint dikombinasikan dengan petrolatum. Peserta uji juga disarankan untuk melembabkan kulit mereka terlebih dahulu sebelum mengoleskan minyak daun peppermint. Hasilnya adalah minyak dari daun mint ini dapat meredakan gatal yang parah tersebut. Tetapi, anda tidak disarankan mengoleskan minyak peppermint secara langsung ke kulit yang menglaami luka karena gatal. Hal ini justru dapat memicu munculnya sensasi panas dan rasa seperti terbakar yang dapat memperparah kondisi anda.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search