Tuesday, February 18, 2020

Ketahui Manfaat lempuyang Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat lempuyang Bagi Kesehatan


Lempuyang merupakan salah satu jenis tanaman yang sering digunakan sebagai obat tradisional. Tanaman ini sering diolah menjadi jamu yang digunakan untuk menyehatkan badan dan menyembuhkan suatu penyakit. Di Indonesia, jamu merupakan salah satu jenis obat tradisional yang dikonsumsi dengan cara diminum. Ada banyak sekali jenis jamu yang kita kenal seperti jamu beras kencur, jamu kunyit asem, jamu temulawak, dan salah satunya adalah jamu lempuyang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti jepang, tanaman ini dapat menekan pertumbuhan sel - sel kanker pada mencit percobaan. Selain itu, tanaman lempuyang juga diketahui mengandung berbagai jenis senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan seperti seskuiterpen, monoterpen, dan senyawa fenolik.

Lempuyang juga dilaporkan mengandung beberapa jenis senyawa bioaktif metabolisme lain seperti folifenol, alkaloids dan terpenes. Lempuyang juga mengandung komponen lain seperti hemulene, caryophyllene, zingiberene, dan zerumbone. Karena banyaknya kandungan zat aktif pada tanaman ini, maka tidak heran jika lempuyang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa anda peroleh dari tanaman lempuyang, yaitu :

1. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, zat aktif yang terdapat pada tanaman lempuyang diketahui dapat menekan pertumbuhan sel kanker didalam tubuh. Senyawa yang berperan dalam menekan pertumbuhan sel kanker adalah senyawa zerumbone. Zerumbone merupakan senyawa terpenoid yang memiliki peran sebagai antioksidan dan antiinflamasi. Tetapi, penelitian yang selama ini dilakukan hanya terbatas pada hewan percobaan. Sehingga, efektivitasnya terhadap manusia masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

2. Menurunkan gula darah

Tanaman lempuyang diketahui memiliki kandungan etanol yang cukup banyak. Senyawa ini diketahui memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kadar glukosa darah pada tikus percobaan yang mengalami diabetes. Tetapi, penelitian yang dilakukan baru sebatas pada hewan. Sehingga, keefektivan lempuyang terhadap manusia masih memerlukan penelitian dan pengujian lebih lanjut.

3. Melawan infeksi bakteri

Sebuah penelitian terbaru menemukan fakta bahwa tanaman lempuyang diketahui memiliki sifat antimikroba yang berpotensi dapat mengobati berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi. Selain itu, ekstrak lempuyang juga diketahui memiliki efek positif terhadap bakteri bacillus subtilis. Bacillus subtilis sendiri merupakan jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit meningitis, endokarditis, infeksi mata, dan berbagai kondisi lainnya. Selain itu, ekstrak lempuyang juga diketahui memiliki efek positif terhadap bakteri salmonella typhi yang merupakan penyebab utama penyakit tifus.


Meskipun demikian, perlu dipahami bahwa penelitian mengenai manfaat lempuyang masih sangat minim dan pengujiannya baru terbatas pada hewan saja. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lanjutan mengenai manfaat dari tanaman lempuyang dan efeknya terhadap manusia. Selain itu, obat dari tanaman herbal juga tidka bisa menggantikan obat yang diberikan oleh dokter. Karena, tidak semua orang cocok dengan bahan dari obat herbal tersebut.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search