Tuesday, February 4, 2020

Divalproex Sodium : Obat Untuk Mengatasi Gangguan Kejang Dan Gangguan Kejiwaan

Divalproex Sodium : Obat Untuk Mengatasi Gangguan Kejang Dan Gangguan Kejiwaan


Pernahkah anda mendengar atau mengetahui tentang gangguan bipolar ? Gangguan bipolar merupakan salah satu jenis gangguan mental yang menyerang kondisi psikis seseorang. Gangguan mental bipolar ditandai dengan terjadinya perubahan suasana hati yang sangat ekstrem berupa mania dan depresi. Suasana hati penderita bipolar dapat berganti atau berubah secara tiba - tiba antara dua kutub yang berlawanan yaitu mania (kebahagiaan) dan depresi (kesedihan). Ketika suasana hatinya sedang baik, seorang pengidap bipolar bisa sangat antusias dan bersemangat. Tetapi, ketika suasana hatinya sedang buruk, dia bisa merasakan kesedihan yang mendalam, pesimis, depresi, putus asa, bahkan sampai mempunyai keinginan untuk bunuh diri. Perubahan suasana hati pada orang yang mengidap gangguan bipolar bahkan dapat terjadi dalam hitungan detik tanpa sebab yang jelas. Itulah sebabnya, angka kematian pada pengidap bipolar cenderung tinggi karena mereka banyak yang memilih untuk mengakhiri hidupnya.

Kondisi gangguan mental bipolar merupakan kondisi gangguan kejiwaan yang sangat buruk karena dapat mengancam keselamatan nyawa penderitanya. Oleh karena itu, jika anda atau keluarga anda ada yang mengalami gangguan kejiwaan bipolar, maka segeralah cari bantuan medis untuk mengatasinya. Untuk mengatasi gangguan bipolar, diperlukan pengobatan jangka panjang yang meliputi terapi secara psikologis maupun terapi dengan menggunakan obat - obatan. Salah satu obat yang bisa digunakan untuk mengatasi gangguan bipolar adalah divalproex sodium. Divalproex sodium merupakan obat yang sering digunakan dalam pengobatan gangguan kejang, gangguan bipolar, gangguan kecemasan, serta untuk mencegah sakit kepala atau migrain. Divalproex sodium bekerja dengan cara mengembalikan keseimbangan zat alami tertentu atau neurotransmitter yang ada di otak.

Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi obat ini sekali dalam sehari. Anda juga dapat mengonsumsinya dengan makanan jika perut anda terasa tidak enak. Jangan menghancurkan maupun mengunyah tablet. Hal tersebut justru dapat melepaskan semua obat sekaligus dan juga dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping. Telanlah seluruh tablet tanpa menghancurkannya maupun mengunyahnya. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Divalproex sodium merupakan obat yang paling jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis divalproex sodium untuk orang dewasa
  • Untuk mengobati epilepsi : 10 - 15 mg/kg/hari. Dosis maksimal 60 mg/kg/hari.
  • Untuk mengobati profilaksis : 250 mg diminum 2 kali sehari.


Dosis divalproex sodium untuk anak - anak
  • Untuk mengobati epilepsi : 10 - 15 mg/kg/hari. Dosis maksimal 60 mg/kg/hari.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, divalproex sodium juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersbut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat divalproex sodium, yaitu :
  • Diare, sembelit, atau sakit perut.
  • Pusing
  • Mengantuk
  • Perubahan siklus menstruasi
  • Gemetar
  • Rambut rontok
  • Pandangan buram
  • Mulut terasa pahit





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search