Tuesday, February 4, 2020

Ketahui Jenis Olahraga Yang Dapat Meredakan Migrain

Ketahui Jenis Olahraga Yang Dapat Meredakan Migrain


Pernahkah anda merasakan sakit kepala sebelah dan terasa mencengkram ? waspadalah, karena bisa jadi anda mengalami migrain. Migrain merupakan salah satu dari beragam jenis sakit kepala yang membuat penderitanya mengalami rasa sakit yang cukup intens hingga membuatnya tidak berdaya. Sakit kepala jenis migrain biasanya ditandai dengan rasa sakit seperti berdenyut - denyut atau rasa sakit yang cukup ekstrem seperti dihantam benda keras dan hanya terjadi pada salah satu sisi kepala saja. Gejala lain yang muncul bersamaan dengan migrain adalah mual, muntah, hingga hipersensitivitas terhadap cahaya. Kondisi sakit kepala sebelah atau migrain ini dapat bertahan selama berjam - jam bahkan berhari - hari jika tidak segera ditangani dengan baik.

Gejala migrain terkadang ditandai dengan munculnya aura. Aura penanda sakit kepala dapat muncul sebelum maupun bersamaan dengan rasa sakit. Aura penanda migrain ini biasanya muncul dalam bentuk gangguan penglihatan seperti adanya kilatan cahaya atau titik - titik pada obyek yang anda lihat. Selain itu, aura juga bisa muncul bersamaan dengan gejala lain seperti mati rasa pada salah satu sisi wajah, lengan, atau kaki dan kesulitan berbicara. Penyakit migrain dapat muncul kapan saja. Namun, penyakit migrain merupakan penyakit yang dapat disembuhkan dengan menggunakan obat - obatan. Untuk mengatasi migrain, selain dengan mengkonsumsi obat - obatan, anda juga bisa melakukan beberapa jenis olahraga yang diketahui dapat meredakan gejala migrain.


Berikut ini merupakan beberapa jenis olahraga yang bisa anda lakukan untuk meredakan migrain, yaitu :

1. Latihan aerobic atau kardio

Olahraga aerobic merupakan olahraga terbaik untuk meredakan gejala migrain. Hal ini karena dengan melakukan olahraga aerobic maka otot punggung dan leher anda menjadi lebih lentur dan olahraga ini juga bisa melatih pernapasan anda menjadi lebih teratur. Penyakit migrain dapat membatasi akivitas anda. Oleh karena itu, pilihlah olahraga aerobic yang mudah dilakukan seperti berjalan kaki, berenang, jogging, atau bersepeda.

2. Yoga

Olahraga yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang bermanfaat untuk meredakan migrain. Hal ini karena dengan melakukan olahraga yoga maka tubuh anda akan terasa lebih bugar, memberikan ketenangan, menurunkan denyut jantung dan tekanan darah, serta dapat meredakan nyeri. Olahraga yoga memiliki banyak pose yang bisa digunakan dan terbukti ampuh untuk meredakan migrain, yaitu child’s pose, bridge pose, downward facing dog, dan corpse pose.

3. Olahraga peregangan

Olahraga ringan seperti peregangan pada kepala, leher, dan bahu ternyata dinilai cukup ampuh dalam meredakan migrain. Berikut ini merupakan beberapa contoh gerakan peregangan yang dapat anda lakukan :
  • Memutar bahu ke belakang sembari mendekatkan kedua tulang belikat.
  • Menundukkan kepala hingga mata menatap lantai, kemudian putar kepala membentuk lingkaran hingga mencapai posisi awal.
  • Merentangkan kedua tangan ke samping, lalu tekuk siku dan pegang telinga anda.
  • Menengoklah kekanan hingga anda bisa melihat ke belakang. Lalu turunkan dagu hingga mendekati bahu. Ulangi pada sisi kiri.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search