Tuesday, February 18, 2020

Escitalopram : Obat Untuk Mengatasi Depresi Dan Gangguan Kecemasan

Escitalopram : Obat Untuk Mengatasi Depresi Dan Gangguan Kecemasan


Pernahkah anda mengalami atau merasakan perasaan cemas yang berlebihan ? misalnya ketika anda ingin bepergian ke suatu tempat, tetapi tiba - tiba berbagai rasa cemas mucul dan hinggap didalam pikiran anda seperti takut rumahnya di masuki pencuri, takut rumahnya mengalami korsleting listrik, takut mengalami kecelakaan, hingga berbagai pikiran negatif lainnya yang membuat anda menjadi gagal untuk bepergian. Jika anda mengalami hal demikian, waspadalah. Karena, bisa jadi anda mengalami penyakit gangguan kecemasan. Raca cemas dikatakan wajar jika hanya muncul sesekali saja. Tetapi, jika rasa cemas itu muncul berulang kali bahkan sampai membatalkan suatu rencana anda atau sampai menimbulkan rasa kekhawatiran yang begitu kuat, hal tersebut merupakan penyakit gangguan kecemasan atau anxiety disorder.

Kondisi anxiety disorder atau gangguan kecemasan termasuk kedalam jenis gangguan mental, sehingga kondisi ini berbeda dengan rasa cemas biasa dan membutuhkan perlakuan khusus. Orang yang mengalami penyakit gangguan kecemasan akan merasa sangat khawatir terhadap berbagai hal, bahkan ketika dirinya berada dalam situasi normal sekalipun. Bahkan, gangguan kecemasan ini bisa mengganggu aktivitas sehari - hari penderitanya jika dibiarkan semakin parah. Untuk mengatasi kondisi gangguan kecemasan, anda bisa mendatangi dokter spesialis kejiwaan ataupun ke psikolog untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dokter biasanya akan meresepkan beberapa jenis obat - obatan, salah satunya adalah escitalopram.

Escitalopram merupakan obat yang dapat digunakan untuk mengobati depresi dan gangguan kecemasan. Escitalopram bekerja dengan cara membantu mengembalikan keseimbangan zat alami tertentu (serotonin) didalam otak. Obat ini termasuk kedalam kelas obat selective serotonin reuptake inhibitors yang diketahui dapat meningkatkan level energi dan perasaan baik serta mengurangi rasa gugup. Escitalopram merupakan obat yang dikonsumsi secara oral baik dengan makanan maupun tanpa makanan. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon and aterhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Escitalopram merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpan obat ini pada tempat yang lembab.


Dosis escitalopram untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk kondisi gangguan kecemasan umum :
  • Dosis awal : 10 mg secara oral sekali sehari.
  • Dosis lanjutan : 10 - 20 mg secara oral sekali sehari.
  • Dosis maksimum : 20 mg secara oral sekali sehari.
Dosis dewasa untuk depresi :
  • Dosis awal : 10 mg secara oral sekali sehari.
  • Dosis lanjutan : 10 - 20 mg secara oral sekali sehari.
  • Dosis maksimum : 20 mg secara oral sekali sehari.


Dosis escitalopram untuk anak - anak

Dosis anak untuk depresi (usia 12 - 17 tahun) :
  • Dosis awal : 10 mg secara oral sekali sehari.
  • Dosis lanjutan : 10 - 20 mg secara oral sekali sehari.
  • Dosis maksimum : 20 mg secara oral sekali sehari.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, escitalopram juga bisa menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat escitalopram, yaitu :
  • Mengantuk
  • Pusing
  • Insomnia
  • Mual ringan
  • Nyeri pada ulu hati
  • Perubahan berat badan



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search