Tuesday, February 18, 2020

Ketahui Kandungan Berbahaya Yang Ada Dalam Liquid Vape

Ketahui Kandungan Berbahaya Yang Ada Dalam Liquid Vape


Vape kini sedang digandrungi oleh generasi muda. Mereka menganggap vape atau rokok elektrik ini lebih sehat dan tidak menimbulkan penyakit dibandingkan dengan rokok konvensional yang berbahan dasar tembakau. Padahal, baik itu rokok elektrik maupun rokok tembakau sama - sama mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, risiko yang timbul akibat penggunaan vape jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan rokok konvensional, seperti rawan terjadi ledakan ketika dihisap. Selain risiko terjadinya ledakan, bahan liquid yang ada pada rokok elektrik juga tidak kalah berbahaya bahkan lebih berbahaya dibandingkan tembakau yang ada pada rokok konvensional. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas mengenai kandungan berbahaya yang ada didalam liquid vape.

Perlu anda ketahui bahwa cairan yang digunakan pada vape tersusun atas beberapa zat kimia seperti nikotin, zat perasa, serta berbagai zat tambahan lainnya. Selain itu, asap yang dihasilkan vape juga dinilai sangat berbahaya karena yang dihasilkan bukanlah uap air biasa, melainkan susunan dari partikel kimia yang berukuran sangat kecil sehingga bisa terhirup hingga ke lapisan paru - paru paling dalam. 


Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan oleh American cancer society dan national academies press, berikut ini merupakan beberapa jenis zat kimia yang terkandung didalam liquid vape, yaitu :

1. Nikotin

Anda pasti sudah mengetahu tentang zat berbahaya yang satu ini. Nikotin merupakan salah satu zat berbahaya yang ada pada rokok konvensional berbahan dasar tembakau yang dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya. Tetapi, tahukah anda, bahwa nikotin ternyata terkandung juga didalam liquid vape. Kandungan nikotin yang ada pada vape memiliki kadar yang berbeda - pada pada setiap merek. Ada beberapa jenis vape yang memiliki kadar nikotin yang lebih rendah dari pada rokok tembakau, tetapi ada juga yang memiliki kandungan nikotin dengan kadar yang lebih tinggi dari rokok tembakau. Perlu anda ketahui bahwa nikotin merupakan suatu bahan aktif atau zat adiktif yang bisa menimbulkan ketagihan dan dapat menyebabkan terjaidnya kerusakan otak pada remaja yang berusia dibawah 25 tahun.

2. Volatile organic Compounds

VOC atau volatile organic compounds merupakan senyawa organik yang memiliki sifat mudah menguap. Salah satu jenis VOC yang terkandung pada rokok elektrik adalah propilen glikol. Propilen glikol sendiri merupakan zat tambahan yang juga sering digunakan dalam pembuatan es krim atau pemanis cair. Selain itu, zat ini juga sering digunakan sebagai penghasil kabut atau asap pada acara panggung, Liquid vape mengandung propilen glikol yang mana ketika dipanaskan dapat menghasilkan uap seperti asap. Tetapi, pada dosis tertentu, zat propilen glikol bisa menimbulkan iritasi pada mata, hidung, paru - paru, dan tenggorokan.

3. Bahan perasa

Diketahui ada 7000 jenis rasa unik pada liquid vape yang bisa anda rasakan. Tetapi, berbagai bahan perasa tersebut ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan pernapasan anda. Salah satu ancaman kesehatan yang disebabkan oleh paparan bahan perasa tersebut adalah penyakit bronchiolitis obliterans atau yang lebih dikenal sebagai paru - paru popcorn. Penyakit paru - paru popcorn sendiri merupakan suatu kondisi ketika saluran udara terkecil yang ada didalam paru - paru (bronkiolus) mengalami penyempitan karena adanya luka.

4. Senyawa karbon


Liquid vape diketahui juga mengandung beberapa jenis senyawa karbon seperti formaldehyde, acetaldehyde, acrolein, dan glycidol yang ditemukan dalam asap vape. Berbagai senyawa karbon yang terkandung pada rokok elektrik ini disinyalir dapat menimbulkan berbagai jenis gangguan kesehatan seperti dapat memicu timbulnya penyakit kanker, merusak sistem pencernaan, kulit, dan paru - paru.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search