Tuesday, February 18, 2020

Mengenal EVALI Si Penyakit Misterius Akibat Rokok Elektrik

Mengenal EVALI Si Penyakit Misterius Akibat Rokok Elektrik


Vape atau rokok elektrik memang masih menjadi kontroversi didalam masyarakat. Sebagian masyarakat ada yang mengklaim bahwa rokok elektrik ini tidak berbahaya bahkan dapat bermanfaat bagi kesehatan. Tetapi, disisi lain, berbagai penelitian juga telah menemukan fakta bahwa vape dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Berawal dari meninggalnya seorang remaja di amerika serikat pada akhir tahun 2019 akibat sebuah penyakit misterius. Setelah melakukan penelitian lanjut, ternyata remaja tersebut diketahui mengidap penyakit paru - paru kronis akibat penggunaan rokok elektrik atau yang kita kenal dengan aktivitas vaping. Kondisi medis tersebut oleh para ahli dinamai dengan EVALI atau e-cigarette or vaping used-associated lung injury.

Penyakit EVALI awalnya dikenal sebagai VAPI atau vaping pulmonary illness. Kemudian, seiring dengan meningkatnya kasus akibat rokok elektrik ini, nama VAPI akhirnya dirubah menjadi EVALI. Pada awalnya, kondisi infeksi pada paru - paru ini ditemukan pada tahun 2019 setelah dinas kesehatan amerika serikat melakukan identifikasi massal terhadap infeksi paru - paru yang muncul pada orang sehat. Kemudian, seiring dengan berjalannya waktu, penelitian terus dilanjutkan dan para peneliti kemudian menemukan satu kesamaan dari beberapa pasien. Belakangan diketahui bahwa pasien yang memiliki kesamaan gejala tersebut, ternyata sama - sama menggunakan vape atau rokok elektrik.

Salah satu penyebab dari penyakit EVALI adalah karena adanya kandungan THC pada rokok elektrik. THC atau tetrahydrocannabinol merupakan zat aktif yang biasanya ditemukan pada tanaman ganja. Di Negara amerika serikat, kandungan CHC pada rokok elektrik ini sering dikaitkan dengan berbagai masalah pernapasan yang dapat menimbulkan terjadinya peradangan pada paru - paru. Hingga saat ini, belum ditemuka tes khusus untuk mendiagnosis penyakit EVALI.


Hal ini karena penyakit EVALI memiliki gejala yang hampir mirip dengan penyakit infeksi paru - paru biasa seperti :
  • Sesak napas
  • Demam
  • Menggigil
  • Batuk
  • Muntah dan diare
  • Sakit kepala
  • Nyeri dada
  • Detak jantung menjadi cepat


Penyakit EVALI merupakan penyakit yang relatif baru ditemukan sehingga masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Berbagai percobaan juga perlu dilakukan untuk mengetahui pengobatan yang efektif dalam mengobati penyakit ini. Menurut American lung association, sebanyak 96% persen penderita penyakit EVALI memerlukan perawatan medis inap. Perawatan terhadap penyakit EVALI juga tergantung dari tingkat keparahan penyakit. Penggunaan berbagai jenis obat - obatan primer seperti antibiotik, antivirus, dan kortikosteroid juga dapat mendukung pengobatan terhadap penyakit EVALI. Pilihan tepat untuk mengatasi dan menghindari penyakit EVALI adalah dengan cara menghentikan kebiasaan vaping, karena penyakit EVALI merupakan penyakit yang disebabkan oleh aktivitas vaping tersebut.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search