Tuesday, February 18, 2020

Isosorbide : Obat Untuk Mencegah Terjadinya Serangan Jantung

Isosorbide : Obat Untuk Mencegah Terjadinya Serangan Jantung


Pernahkah anda mengalami dan menderita penyakit angin duduk? Nama angin duduk mungkin terdengar lokal dan sangat Indonesia. Tetapi, dalam istilah medis penyakit ini disebut angina pectoris. Angina pectoris merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut nyeri dada akibat terbatasnya aliran darah menuju otot jantung. Kondisi ini dapat menjadi salah satu gejala dari penyakit jantung koroner dan menjadi penyebab utama dari kasus serangan jantung yang seringkali menimbulkna korban jiwa. Penyakit angina pectoris sangat rentan menyerang orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah dan pola hidup yang tidak sehat seperti perokok, penderita diabetes mellitus, darah tinggi, dan gangguan kolesterol.

Gejala dari kondisi angina pectoris dapat terjadi secara spesifik yaitu berupa nyeri di dada kiri yang terasa berat tetapi tidak dapat ditunjuk secara pasti, merambat ke rahang, lengan, atau punggung. Kondisi ini juga bisa berkembang menjadi penyakit jantung koroner dengan gejala adanya rasa sesak, berat, dan tekanan pada dada. Penyakit angina pectoris termasuk kedalam kondisi yang berbahaya karena dapat menimbulkan korban jiwa jika tidak segera ditangani. Tetapi, jika anda sudah merasakan bahwa tubuh anda terserang beberapa gejala yang mirip dengan angina pectoris, maka anda masih bisa mengobatinya dengan mengkonsumsi obat - obatan, salah satunya adalah isosorbide.

Isosorbide merupakan obat yang dapat digunakan untuk mencegah serangan angina pectoris pada penderita jantung koroner. Obat ini termasuk ke dalam golongan obat nitrat yang bekerja dengan cara mengendurkan atau melonggarkan pembuluh darah untuk melancarkan peredaran darah dan memudahkan daya kerja jantung. Selain itu isosorbide juga bisa digunakan sebagai kombinasi dengan obat lain untuk mengatasi penyakit gagal jantung kongestif. Obat ini juga bisa digunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah karena bisa melebarkan pembuluh darah yang menyempit. Meskipun demikian, isosorbide tidak bisa digunakan untuk mengobati angina pectoris yang sudah terjadi.

Isosorbide merupakan jenis obat resep yang hanya bisa diperoleh menggunakan resep dari dokter saja. Obat ini harus dikonsumsi pada saat perut dalam keadaan kosong atau sekitar 30 menit sebelum anda mengkonsumsi makanan. Jangan mencoba untuk mengunyah, menghaluskan, atau menghancurkan obat karena dapat melepaskan semua obat secara bersamaan sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Isosorbide merupakan jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis isosorbide untuk orang dewasa
  • Dosis awal : 20 mg diminum sebanyak 2 - 3 kali sehari.
  • Dosis lanjutan : 40 mg diminum sebanyak 2 kali sehari.
  • Dosis pada pasien yang belum pernah mengkonsumsi obat nitrat : 10 mg diminum sebanyak 2 kali sehari.


Dosis isosorbide untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis isosorbide yang cocok dan pas untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbhaay jika dikonsumsi oleh anak - anak sehingga hanya diperuntukkan untuk pasien dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, obat isosorbide juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat isosorbide, yaitu :
  • Mual
  • Muntah
  • Sembelit
  • Diare
  • Perut kembung




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search