Tuesday, February 18, 2020

Tips Meningkatkan Dan menjaga Daya Ingat Secara Efektif

Tips Meningkatkan Dan menjaga Daya Ingat Secara Efektif


Apakah anda pernah melupakan suatu hal, padahal hal tersebut belum lama anda lakukan? Jika terjadi hal yang demikian, anda harus mulai waspada. Karena bisa jadi anda mengalami penurunan daya ingat atau gangguan daya ingat. Gangguan daya ingat dalam istilah medis disebut dengan demensia. Secara garis besar, demensia merupakan kumpulan penyakit dengan berbagai gejala yang bisa menyebabkan terjadinya perubahan pada pasien baik dalam cara berfikir maupun dalam cara berinteraksi dengan orang lain. Kondisi ini seringkali mempengaruhi memori jangka pendek, pikiran, kemampuan berbicara, dan kemampuan motorik seseorang. Jika dibiarkan begitu saja, kondisi ini bisa berkembang menjadi  penyakit Alzheimer. Oleh karena itu, perlu bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan daya ingat dan meningkatkan kemampuan daya ingat yang kita miliki.

Beberapa hasil penelitian mengungkapkan bahwa daya ingat seseorang akan dimulai ketika orang tersebut memasuki usia 37 tahun. Sedangkan, beberapa fungsi mental seperti kemampuan menyusun puzzle akan mulai mengalami penurunan ketika orang tersebut memasuki usia 27 tahun.


Penurunan daya ingat pada seseorang bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti :
  • Sakit keras yang menyebabkan terganggunya fungsi otak.
  • Kesan dan pesan yang diterima sudah berlangsung dalam waktu yang lama.
  • Kesan dan pesan yang diterima tidak menarik perhatian.
  • Terjadinya proses inhibisi retro aktif.
  • Trauma atau cedera kepala ringan.
  • Kekurangan vitamin.
  • Menderita penyakit hipotiroidisme.
  • Adanya tumor pada otak.

Selain berbagai penyebab yang telah disebutkan diatas, penurunan daya ingat juga bisa disebabkan oleh gaya hidup modern yang diketahui dapat menurunkan fungsi kognitif seseorang. Hal tersebut bisa dipicu oleh pola makan yang tidak sehat, kekurangan tidur, stress, maupun karena terpapar berbagai racun kimiawi.


Tetapi, ternyata ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan daya ingat anda, yaitu :

1. Menjaga fikiran tetap aktif

Sama seperti halnya melatih otot tubuh, otak juga harus selalu dilatih untuk menjaga kemampuannya dalam menyimpan memori dan daya ingat. Cara melatihnya adalah dengan cara membuat fikiran anda tetap aktif, sering - seringlah membuat perencanaan mengenai hal apa yang ingin dicapai, lalu cobalah mencapai tujuan tersebut. Dengan demikian, fikiran anda tetap aktif dan daya ingat anda dapat semakin meningkat.

2. Terapkan pola makan sehat

Makanan merupakan sumber utama energi manusia. Selain itu, makanan juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat menigkatkan daya ingat seseorang. Tetapi, tidak semua jenis makanan masuk dalam kategori menyehatkan. Ada juga makanan yang bisa menimbulkan penyakit bahkan dapat menurunkan kemampuan daya ingat. Oleh karena itu, anda dianjurkan untuk menjaga pola makan sehat dengan rutin mengkonsumsi sayur - sayuran, buah - buahan, daging, telur, ikan, susu, dan berbagai makanan sehat lainnya.

3. Rajin berolahraga


Olahraga merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk melatih daya ingat anda. Dengan berolahraga, maka peredaran darah anda menjadi lancar dan asupan oksigen kedalam otak juga menjadi lancar, sehingga dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan daya ingat anda.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search