Friday, February 7, 2020

Ketahui Durasi Maksimal Dalam Berolahraga

Ketahui Durasi Maksimal Dalam Berolahraga


Olahraga merupakan aktivitas yang sangat menyehatkan. Selain dapat memperkuat otot - otot tubuh, olahraga juga dapat menjaga kesehatan mental. Secara harfiah olahraga mengandung dua kata dasar, yaitu olah dan raga. Olah adalah suatu proses atau kegiatan, sedangkan raga merupakan badan atau tubuh. Jadi, olahraga merupakan suatu kegiatan menggerakkan seluruh atau sebagian tubuh baik untuk kesehatan maupun liburan. Banyak sekali orang yang berolahraga untuk mencapai tujuan tertentu seperti untuk mencari keringat, untuk membentuk tubuh, dan juga untuk menurunkan berat badan. Tetapi, perlu anda ketahui bahwa olahraga itu aman, asalkan tidak berlebihan. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai durasi maksimal yang disarankan untuk berolahraga.

Setiap hal yang berlebihan memang tidak baik, meskipun itu merupakan hal baik, salah satunya adalah olahraga. Jika dilakukan secara benar dan tidak berlebihan, olahraga dapat mendatangkan berbagai manfaat bagi tubuh. Tetapi, jika dilakukan berlebihan, olahraga justru dapat mendatangkan berbagai penyakit hingga dapat merenggut nyawa. Banyak sekali orang yang terobsesi untuk berolahraga hingga rela menghabiskan sebagian besar waktunya dalam sehari untuk terus melatih kekuatan tubuh. Tetapi, hal tersebut justru kurang baik untuk kesehatan. Olahraga pun ada batasnya dan and ahanya boleh melakukan olahraga hingga durasi maksimal yang mampu dilakukan oleh tubuh anda.

Supaya tubuh dan fikiran tetap bugar, anda dianjurkan untuk berolahraga setiap hari. Durasi maksimal olahraga yang anda lakukan tergantung dari kemampuan tubuh dan daya tahan tubuh anda. Setiap orang memiliki durasi olahraga yang berbeda - beda tergantung dari daya tahan tubuhnya. Hal ini dipengaruhi juga dari jumlah nutrisi dan kalori yang ia konsumsi. Tanpa daya tahan tubuh yang kuat dan energi memadai, seseorang tidak akan bisa berolahraga dalam jangka waktu yang lama. Namun sebaiknya, olahraga yang dilakukan tidak sampai menghabiskan energi. Bukannya semakin bugar dan kuat, olahraga berlebihan justru dapat membahayakan kesehatan.


Lama Waktu Yang Dianjurkan Untuk Berolahraga


Waktu berolahraga yang ideal pada setiap orang berbeda - beda. Hal ini merujuk pada daya tahan tubuh dan kondisi kesehatan seseorang yang cenderung berbeda - beda. Namun, berbagai organisasi kesehatan telah sepakat mengenai durasi maksimal dalam berolahraga. Orang dewasa disarankan untuk melakukan aktivitas fisik berat  seperti lari dan mengangkat beban sebanyak 75 menit dalam seminggu. Selain itu, untuk aktivitas yang termasuk kedalam kategori sedang seperti berjalan dan berenang, sebaiknya dilakukan sebanyak 150 menit dalam seminggu atau sekitar 30 menit dalam sehari. Untuk memenuhi kebutuhan latihan fisik selama seminggu, anda bisa membagi waktu dalam berolahraga menjadi 21 sampai 30 menit setiap harinya. Cara ini dinilai tidak memberatkan dan dapat menghasilkan manfaat yang lebih optimal.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search