Friday, February 7, 2020

Ketahui Manfaat Jeruk Limau Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Jeruk Limau Bagi Kesehatan


Siapa yang tidak kenal dengan jenis jeruk yang satu ini. Jeruk limau sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari - hari seperti sebagai campuran dalam membuat sambal, campuran dalam membuat karedok, dan berbagai keperluan lainnya. Jeruk limau dikenal memiliki bentuk yang kecil dan memiliki rasa yang khas serta kecut. Tetapi, siapa sangka bahwa jeruk limau memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Jeruk limau atau yang dikenal juga sebagai jeruk sambal termasuk kedalam kategori bumbu masakan. Makanan yang diberi tambahan jeruk limau, akan memiliki aroma yang harum dan menyegarkan. Jeruk limau merupakan jenis tumbuhan perdu yang hanya tumbuh maksimal hingga 1 - 2 meter saja. Jeruk limau memiliki buah yang berukuran kecil, yaitu dengan diameter 2 - 3 centimeter. Selain buahnya, bagian lain dari jeruk limau yang bisa digunakan sebagai bumbu masakan adalah daunnya. Daun jeruk limau bisa digunakan sebagai penguat rasa dan aroma pada masakan.

Jeruk limau diketahui memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak. Dalam 1 buah jeruk limau yang memiliki diameter 5 cm diketahui dapat memenuhi sekitar 32% kebutuhan vitamin C harian anda. Kandungan vitamin C yang ada pada jeruk limau ini membuat jeruk limau memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat jeruk limau bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Meremajakan kulit

Jeruk limau merupakan salah satu pilihan yang bisa anda gunakan untuk meremajakan kulit. Hal ini karena jeruk limau memiliki kandungan vitamin C dan flavonoid yang sangat berlimpah yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit seperti melawan radikal bebas, mencerahkan kulit, serta membantu mengurangi kerutan yang terdapat pada wajah. Tidak hanya itu, vitamin C yang ada pada jeruk limau juga diketahui dapat membantu memproduksi kolagen agar kulit menjadi lebih lembut dan kenyal. Meskipun memiliki manfaat bagi kulit, tetapi jeruk limau tidak boleh dioleskan langsung ke kulit karena dapat menyebabkan iritasi. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat jeruk limau adalah dengan mencampurkan air dari jeruk limau dengan air biasa, baru boleh di oleskan ke kulit. Anda juga bisa mendapatkan manfaatnya dengan minum air perasan jeruk limau yang telah dicampur dengan segelas air maupun mencampurkannya kedalam makanan yang anda konsumsi.

2. Melancarkan pencernaan

Manfaat lain yang bisa anda peroleh dari jeruk limau adalah dapat membantu melancarkan pencernaan. Hal ini karena adanya kandungan flavonoid pada jeruk limau yang dapat membantu meningkatkan produksi enzim yang diperlukan untuk mengurai makanan dalam tubuh. Selain itu, sifat asam yang dimiliki jeruk limau juga dapat menignkatkan sekresi air liur untuk memecah makanan agar dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan.

3. Membantu menurunkan berat badan


Selain dapat melancarkan pencernaan, jeruk limau juga diketahui dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena adanya kandungan asam sitrat dalam jeruk limau yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membakar lebih banyak kalori, dan menyimpan lebih sedikit lemak. Manfaat dari jeruk limau ini dapat semakin optimal jika dibarengi dengan olahraga teratur dan menjaga pola makan.





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search