Friday, February 7, 2020

Zinc Sulfat : Obat Untuk Mengatasi Defisiensi Zinc

Zinc Sulfat : Obat Untuk Mengatasi Defisiensi Zinc


Apa yang anda ketahui tentang zinc ? Mungkin anda baru saja mengetahui zinc setelah membaca artikel ini. Tetapi, zinc merupakan zat umum yang banyak tersedia di sekitar kita. Zinc banyak diolah menjadi berbagai produk mulai dari pupuk, obat - obatan, bahkan didalam tubuh kita pun ada kandungan zinc-nya meskipun dalam jumlah yang sedikit. Menurut sudut pandang ilmiah, zinc merupakan sebuah elemen kimia golongan logam yang banyak terdapat di alam. Dalam tubuh manusia sendiri, elemen zinc berbentuk mineral mikro dan memegang peranan yang sangat penting untuk menjalankan fungsi - fungsi tubuh. Tubuh manusia membutuhkan zinc dalam jumlah yang sedikit, yaitu 3 - 5 mg pada anak - anak, 13 - 18 mg pada laki - laki dewasa, dan 10 - 14 mg pada perempuan dewasa.

Zinc memegang peranan penting dalam menjalankan fungsi pertumbuhan dan perkembangan. Jika seseorang mengalami kekurangan zinc maka orang tersebut dapat mengalami masalah pada pertumbuhan janin yang ada didalam kandungannya, serta hambatan pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain mendukung fungsi pertumbuhan dan perkembangan, zinc juga memiliki fungsi lain yaitu dapat memperkuat sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa sistem pertahanan tubuh kita memegang peranan yang snagat penting dalam menjaga kesehatan supaya tidak mudah terserang penyakit. Jika sistem pertahanan tubuh melemah, maka tubuh kita akan mudah terserang berbagai penyakit salah satunya adalah kanker. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung zinc.

Zinc merupakan salah satu nutrisi yang ada hampir di setiap makanan sehat seperti sayuran, buah - buahan, dan berbagai makanan lainnya. Tetapi, kandungan zinc pada berbagai jenis makanan tersebut dinilai tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan harian anda. Jika kebutuhan zinc harian anda tidak terpenuhi, maka anda bisa mengalami penyakit akibat kekurangan zinc atau yang dikenal dengan defisiensi zinc. Untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi obat - obatan maupun suplemen yang mengandung zinc, salah satunya adalah zinc sulfat. Zinc sulfat merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi penyakit defisiensi zinc. Zinc sulfat merupakan jenis mineral yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan zinc pada tubuh. Zinc sulfat adalah obat yang harus disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis zinc sulfat untuk orang dewasa
  • Pria : 11 mg
  • Wanita : 9 mg
  • Ibu hamil : 11 mg
  • Ibu menyusui : 12 mg


Dosis zinc sulfat untuk anak - anak
  • Usia 0 - 9 bulan : Pria sebanyak 2 mg dan wanita sebanyak 2 mg.
  • Usia 7 - 12 bulan : Pria sebanyak 3 mg dan wanita sebanyak 3 mg.
  • Usia 1 - 3 tahun : Pria sebanyak 3 mg dan wanita sebanyak 3 mg.
  • Usia 4 - 8 tahun : Pria sebanyak 5 mg dan wanita sebanyak 5 mg.
  • Usia 9 - 13 tahun : Pria sebanyak 8 mg dan wanita sebanyak 8 mg.
  • Usia 14 - 17 tahun : Pria sebanyak 11 mg dan wanita sebanyak 9 mg.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, zinc sulfat juga bisa menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan zinc sulfat, yaitu :
  • Gatal - gatal
  • Kesulitan bernapas
  • Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah dan tenggorokan
  • Muntah




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search