Friday, February 7, 2020

Mengenal Manfaat Terapi Ultrasound Dalam Pengobatan Kanker

Mengenal Manfaat Terapi Ultrasound Dalam Pengobatan Kanker


Terapi ultrasound kini bukan lagi hal asing dalam dunia kesehatan, khususnya kesehatan kulit. Terapi jenis ini telah lama digunakan untuk merangsang perbaikan jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. Terapi ultrasound merupakan metode pengobatan yang menggunakan teknologi ultrasound atau gelombang suara untuk merangsang jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. Meskipun sudah lama digunakan didunia kedokteran, metode ini lebih dikenal sebagai metode pemeriksaan, bukan sebagai pengobatan. Salah satu keunggulan dari terapi ultrasound yang belum terlalu dikenal adalah dapat mengobati cedera otot. Oleh karena itu, terapi ultrasound juga sering digunakan dalam pengobatan musculoskeletal dan cedera akibat olahraga.

Selain dapat digunakan untuk menyembuhkan cedera otot, terapi ultrasound juga sering digunakan dalam bidang kecantikan atau kesehatan kulit. Hal ini karena efek dari terapi ultrasound dapat menghasilkan gelombang panas yang dapat memicu produksi  kolagen pada kulit sehingga kulit menjadi lebih kencang, kenyal, dan awet muda. Tetapi, siapa sangka terapi ultrasound ternyata memiliki manfaat yang lebih hebat, yaitu dapat membunuh sel - sel kanker jika digunakan dengan benar. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American institute of physics pada awal tahun 2020 mengungkapkan bahwa penggunaan ultrasound dengan frekuensi yang tepat dapat menghancurkan sel kanker.

Pada proses normal, terapi ultrasound memakai sinar dengan tingkat cahaya yang tinggi untuk menghancurkan sel kanker. Tetapi, ternyata paparan panas yang terlalu tinggi dari cahaya terapi tersebut tidak hanya membunuh sel kanker saja. Melainkan juga membunuh sel - sel sehat. Oleh karena itu, metode ini masih belum bisa digunakan secara efektif untuk membunuh sel kanker tanpa menimbulkan efek samping. Karena hal tersebut, kemudian para peneliti dari California institute of technology and city of hope Beckman institute berusaha mengembangkan terapi ultrasound dengan intensitas rendah. Cara ini dinilai cukup aman karena dapat mengurangi sel - sel kanker tanpa harus menghancurkan sel - sel sehat dari tubuh.

Terapi ultrasound dengan intensitas rendah ini akhirnya membuahkan hasil yaitu beberapa jenis sel kanker berkurang tanpa merusak sel darah yang tidak terkontaminasi. Meskipun demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai bagaimana cara yang tepat dan apakah terdapat efek samping yang muncul akibat penerapan terapi tersebut. Selain penemuan terapi ultrasound dengan frekuensi rendah, ada pula penelitian lain yang sedang mengembangkan terapi kanker dengan frekuensi tinggi. Terapi ultrasound dengan frekuensi tinggi disebut dengan HIFU atau High Intensity Focused Ultrasound. Metode HIFU tidak dapat menembus tulang padat atau udara, sehingga metode ini hanya bisa digunakan dalam pengobatan kanker prostat saja.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa terapi HIFU dinilai aman untuk menghancurkan sel kanker pada penyakit kanker prostat. Sejauh ini, metode HIFU hanya menimbulkan efek samping pada beberapa pasien saja. Efek samping yang terjadi-pun bisa dikatakan tidak begitu parah.


Umumnya, orang yang mengalami efek samping akibat penerapan terapi HIFU akan merasakan :
  • Rasa nyeri dan tidak nyaman pada daerah belakang.
  • Lebih sering buang air kecil.
  • Mengalami ereksi setelah perawatan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search