Tuesday, February 4, 2020

Ketahui Kandungan Gizi Kacang Kapri Beserta Manfaatnya Bagi Tubuh

Ketahui Kandungan Gizi Kacang Kapri Beserta Manfaatnya Bagi Tubuh


Semua orang pasti sudah tidak asing dengan kacang kapri. Tetapi, jika anda belum pernah mendengar atau tidak mengetahu tentang kacang kapri, pasti anda mengetahui tentang kacang polong. Yaps, kacang kapri dan kacang polong merupakan jenis tanaman yang sama dan hanya beda pada penyebutannya saja. Kacang kapri merupakan jenis tumbuhan sayur yang banyak dijual di pasar - pasar tradisional di Indonesia. Kapri tergolong jenis sayur buah, yang artinya buahnya dimakan sebagai sayur bukan sebagai buah, sama seperti tomat atau cabai. Kacang kapri juga diketahui memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan.


Berikut ini merupakan kandungan zat gizi yang ada pada kacang kapri, yaitu :

1. Air dan karbohidrat

Dalam 100 gram kacang kapri diketahui mengandung 17,7 gram karbohidrat. Karbohidrat ini kemudian akan diproses oleh tubuh dan diubah menjadi energi sebagai bahan bakar anda dalam menjalani aktivitas sehari - hari. Selain karbohidrat, kacang kapri juga mengandung air. Sama seperti sayur dan buah, kacang kapri juga mengandung air sekitar 74,3 gram per 100 gramnya.

2. Protein dan lemak

Kacang kapri diketahui juga memiliki kandungan protein dan lemak. Dalam setiap 100 gramnya, tanaman ini diketahui mengandung 6,7 gram protein dan 0,4 gram lemak. Kedua nutrisi ini nantinya akan dimanfaatkan oleh tubuh sebagai zat pembangun dan sumber energi cadangan.

3. Vitamin

Kacang kapri diketahui memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang cukup tinggi. Dalam setiap 100 gramnya, kacang kapri diketahui memiliki kandungan vitamin A sebesar 680 mcg, Vitamin B1 sebesar 0,34 mcg, vitamin B2 sebesar 0,16 mg, vitamin B3 sebesar 2,4 mg, dan vitamin C sebesar 26 mg. Semua jenis vitamin ini diketahui dapat mendukung sistem pertahanan tubuh dan menjaga kesehatan otot - otot saraf.

4. Serat

Kacang kapri diketahui juga memiliki kandungan serat didalamnya. Dalam 100 gram kacang kapri diketahui terdapat 6,2 gram serat. Kandungna serat yang ada didalam kacang kapri sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan pencernaan sekaligus dapat mencegah anda dari penyakit sembelit.

5. Mineral


Kacang kapri juga diketahui kaya akan kandungan mineral. Dalam 100 gram kacang kapri, terdapat 22 mg kalsium, 122 mg fosfor, 6 gram natrium, 1,6 mg zat besi, 296 mg kalium, 0,21 mg tembaga dan 1,5 mg zink. Berbagai kandungan mineral tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu memperkuat sistem imun, menjaga keseimbangan cairan di dalam sel, dan menjaga jaringan serta organ tubuh.





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search