Tuesday, February 4, 2020

Mengenal Leunca Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Leunca Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Leunca merupakan tanaman yang sering dijadikan lalapan maupun sekedar untuk mempercantik hidangan. Leunca juga sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam menu oncom yang membuat rasa oncom tersebut semakin lezat ketika disantap. Leunca sendiri merupakan tumbuhan anggota terong - terongan yang buahnya dapat dimanfaatkan sebagai sayuran maupun dapat diolah juga sebagai bahan pengobatan. Tanaman leunca awalnya berasal dari asia barat dan kemudian telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Leunca merupakan tanaman yang dikenal sangat kuat karena dapat bertahan hidup pada kondisi tanah yang buruk dan miskin unsur haranya. Leunca sudah digunakan sebagai obat tradisional sejak 2000 tahun yang lalu, dan diindonesia sendiri, lenca lebih sering diolah sebagai lalapan maupun sebagai campuran masakan.

Dalam berbagai pengobatan tradisioanl di penjuru dunia, tanaman leunca sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit ringan seperti pusing dan diare. Tetapi, selain dapat digunakan untuk mengobati penyakit ringan, leunca juga dipercaya dapat meredakan peradangan yang terjadi pada ginjal dan kandung kemih. Menurut studi yang dilakukan oleh asian network for scientific information, tanaman leunca diketahui kaya akan kandungan serat, perotein, mineral, magnesium, dan fosfor. Selain itu, air yang terkandung didalam buah leunca juga diketahui mengandung vitamin C, vitamin B, dan asam folat yang cukup tinggi. Manfaat leunca tidak terbatas pada buahnya saja, daun dari tanaman ini juga diketahui memiliki kandungan nutrisi yang sama seperti pada buahnya.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat leunca bagi kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Membantu menyembuhkan infeksi

Leunca diketahui memiliki kandungan zat anti inflamasi yang diketahui dapat membantu menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh luka bakar, luka bernanah, dan peradangan dengan cara menempelkan ramuan leunca secara langsung pada permukaan kulit yang bermasalah.

2. Mencegah munculnya sel kanker

Manfaat lain dari tanaman leunca adalah dapat mencegah munculnya sel kanker. Hal ini diketahui berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh university of Catania di italia yang menemukan fakta bahwa ekstrak daun leunca diketahui dapat mereduksi tekanan oksidatif yang mampu melawan pertumbuhan sel kanker yang disebabkan oleh paparan radikal bebas yang tidak terkendali. Selain itu, leunca juga diketahui memiliki kandungan zat fenolik yang merupakan jenis antioksidan yang dapat menghalau kemunculan sel - sel kanker.

3. Menurunkan suhu tubuh

Tanaman leunca juga diketahui memiliki komponen diaforetik yang dapat membuat tubuh mengeluarkan keringat dengan lebih cepat. Hal ini tentunya berefek pada penurunan suhu tubuh pada orang yang sedang mengalami demam.


Meskipun memiliki baragam manfaat bagi kesehatan, perlu anda ketahui juga bahwa leunca mengandung kadar oksalat yaitu zat anti nutrisi dan sianida yang cukup tinggi. Kedua zat ini bisa berdampak negatif bagi tubuh yaitu dapat menyebabkan gejala keracunan seperti pusing, mual, dan muntah - muntah. Tetapi, anda tidak perlu khawatir, karena kadar racun yang ada didalam tanaman leunca bisa menurun secara drastis bahkan dapat hilang jika diolah dengan cara dimasak. Proses memasak juga bisa memaksimalkan kandungan polifenol dan safonin yang ada pada leunca yang diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search