Friday, February 7, 2020

Paclitaxel : Obat Kemoterapi Untuk Mengobati Berbagai Jenis Kanker

Paclitaxel : Obat Kemoterapi Untuk Mengobati Berbagai Jenis Kanker



Apakah anda pernah mendengar tentang pengobatan dengan metode kemoterapi ? Prosedur kemoterapi kini sudah lazim digunakan dalam pengobatan kanker. Hal ini karena efektivitas dari metode kemoterapi dinilai cukup tinggi dalam hal membunuh sel kanker. Kemoterapi sendiri merupakan metode pengobatan penyakit dengan menggunakan obat - obatan. Jadi, dalam metode ini, pasien diberikan berbagai jenis obat - obatan, yang bertujuan untuk membunuh sel kanker yang ada didalam tubuhnya. Pengobatan dengan metode kemoterapi umumnya hanya bisa diterapkan di rumah sakit dan hanya boleh dilakukan oleh tenaga medis professional saja. Pasien akan mendapatkan obat kemoterapi melalui suntikan maupun melalui jarum infus. Tetapi, kini para ahli sedang mengembangkan obat kemoterapi dalam bentuk pil minum sehingga tidak perlu disuntikkan lagi.

Metode kemoterapi bekerja dengan cara menargetkan sel - sel yang tumbuh dan membelah dengan kecepatan yang abnormal, termasuk sel kanker. Tidak seperti prosedur operasi maupun terapi radiasi yang hanya menargetkan salah satu bagian tubuh saja, prosedur kemoterapi tidak menargetkan suatu area secara spesifik sehingga dapat berefek pada seluruh tubuh. Oleh karena itu, pengobatan kemoterapi dinilai sangat efektif untuk membunuh sel kanker yang telah menyebar ke bagian tubuh lain. Ada banyak sekali obat kemoterapi yang digunakan sebagai obat terapi dalam pengobatan pasien kanker. Salah satunya adalah paclitaxel. Paclitaxel merupakan obat yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis kanker. Obat ini bekerja dengan cara memperlambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Sebelum menggunakan paclitaxel, anda diharuskan untuk membaca petunjuk penggunaan obat sebelum menggunakan paclitaxel. Obat ini diberikan melalui suntikan pembuluh darah oleh tenaga medis professional. Pemberian paclitaxel ditentukan berdasarkan dosis dan waktu yang telah ditentukan. Dosis obat juga ditentukan berdasarkan kondisi medis pasien dan respon pasien terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Jika anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah ke dokter anda maupun apoteker kepercayaan anda. Paclitaxel merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis paclitaxel untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk penderita kanker ovarium :
  • Untuk pasien yang tidak pernah diobati sebelumnya : 175 mg/m2 diinfuskan lebih dari 3 jam setiap 3 minggu diikuti oleh cisplatin atau 135 mg/m2 selama 24 jam setiap 3 minggu diikuti dengan cisplatin.
  • Untuk pasien yang pernah dirawat sebelumnya : : 175 mg/m2 diinfuskan lebih dari 3 jam setiap 3 minggu atau 135 mg/m2 selama 24 jam setiap 3 minggu.

Dosis dewasa untuk pasien sarkoma AIDS :
  • 135 mg/m2 diinfuskan lebih dari 3 jam setiap 3 minggu atau 100 mg/m2 diinfuskan lebih dari 3 jam setiap 2 minggu.


Dosis paclitaxel untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis paclitaxel yang cocoka dan pas untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika digunakan untuk pasien anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, paclitaxel juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat paclitaxel, yaitu :
  • Kerontokan rambut sementara
  • Mual, muntah, dan diare
  • Nyeri otot, mati rasa, dan kesemutan
  • Pusing
  • Mengantuk




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search