Friday, February 7, 2020

Ketahui Penyebab Sariawan Muncul Secara Tiba - Tiba

Ketahui Penyebab Sariawan Muncul Secara Tiba - Tiba


Pernahkah anda mengalami sariawan ? Rasanya pasti sangat perih membuat kita tidak nyaman ketika ada makanan atau minuman yang masuk kedalam mulut. Terkadang, sariawan yang kita alami muncul secara tiba - tiba tanpa ada tanda maupun gejalanya. Lalu, apakah kalian tahu, hal apa yang bisa menyebabkan terjadinya sariawan ? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyebab mengapa sariawan bisa muncul secara tiba - tiba. Sariawan atau stomatitis merupakan luka kecil dan dangkal yang biasanya muncul pada jaringan lunak pada mulut seperti pada bibir atau lidah. Luka yang disebabkan oleh sariawan bisa muncul di bagian gusi, bibir, lidah, atau sepanjang pipi bagian dalam mulut. Sarian bisa muncul secara tunggal ataupun dapat muncul banyak dan menyebar didalam rongga mulut.

Sariawan atau stomatitis merupakan masalah kesehatan mulut yang sangat umum terjadi. Kondisi dapat terjadi pada siapapun tanpa memandang gender, usia, maupun status sosial. Tetapi, wanita mungkin merupakan kelompok yang paling rentan mengalami sariawan atau luka pada mulut. Hal ini karena wanita sering mengalami perubahan hormon ketika memasuki waktu tertentu seperti saat menjelang menstruasi bulanan, kehamilan, atau menopause. Hal yang paling sering menjengkelkan adalah sariawan merupakan kondisi yang dapat muncul secara tiba - tiba. 



Selain karena tidak sengaja tergigit ketika mengunyah makanan, ada beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan terjadinya sariawan, yaitu :

1. Menyikat gigi terlalu keras

Salah hal yang bisa menyebabkan munculnya sariawan adalah karena menyikat gigi terlalu keras. Mungkin anda mengira bahwa dengan anda menyikat gigi lebih keras dapat membuat gigi semakin putih dan bersih. Hal tersebut mungkin tidak salah, tetapi tidak benar juga. Kenyataannya, menyikat gigi terlalu keras bisa menyebabkan timbulnya sariawan pada gusi anda. Hal ini karena ketika anda menyikat gigi terlalu keras, maka jaringan lunak yang ada pada gusi bisa mengalami terluka bahkan bisa menyebabkan gusi berdarah. Oleh karena itu, anda dianjurkan untuk menyikat gigi anda secara lembut dan perlahan. Selain gigi dan gusi menjadi putih, bersih dan terjaga kesehatannya, anda juga bebas dari risiko mengalami sariawan.

2. Baru memasang kawat gigi

Selain karena menyikat gigi terlalu keras, sariawan juga bisa muncul ketika anda baru saja melakukan pemasangan kawat gigi. Sariawan biasanya muncul di minggu awal pemakaian atau setelah kawat gigi anda dikencangkan. Gesekan antara kawat gigi dengan sisi dalam pipi, gusi, lidah dan bibir dapat menyebabkan luka. Kemudian luka tersebut berkembang menjadi sariawan. Anda bisa mengurangi yang disebabkan oleh sariawan dengan cara berkumur menggunakan air dingin.

3. Kekurangan vitamin


Selain karena faktor eksternal tubuh seperti menyikat gigi terlalu keras atau baru memasang kawat gigi, sariawan juga bisa disebabkan oleh faktor internal yaitu karena kurangnya vitamin yang ada didalam tubuh anda. Sariawan umumnya disebabkan karena anda mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin B. Asupan vitamin B yang rendah bisa membuat anda menjadi rentan mengalami sariawan. Selain itu, sejumlah penelitian juga menyebutkan bahwa kekurangan asupan zinc, kalsium, dan zat besi yang rendah juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya sariawan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search