Friday, February 7, 2020

Mengenal Berbagai Jenis Masker Pelindung Beserta Fungsinya

Mengenal Berbagai Jenis Masker Pelindung Beserta Fungsinya


Beberapa minggu belakang, dunia telah dihebohkan dengan mewabahnya virus corona yang berasal dari wuhan, tiongkok. Virus corona diketahui awalnya berasal dari hewan kelelawar yang oleh masyarakat setempat dijadikan sup atau hidangan sehari - hari. Setelah menular dari kelelawar ke manusia, kemudian virus ini menyebar dari manusia ke manusia melalui udara. Penluran virus corona dari manusia ke manusia ini bisa terjadi jika seseorang melakukan kontak langsung dengan penderita seperti mengobrol terlalu dekat, berbicara, terkena batuk atau bersin penderita, hingga mengkonsumsi makanan atau minuman yang sudah dikonsumsi oleh penderita.

Karena mudahnya virus corona menular dari manusia ke manusia, maka kita perlu melengkapi diri kita dengan perlengkapan tambahan yang dapat melindungi diri kita dari paparan virus corona yang menyebar melalui udara. Salah satu perlengkapan yang bisa kita gunakan untuk mencegah terpapar virus corona adalah masker. Masker merupakan alat bantu atau alat pelindung diri yang biasa digunakan oleh pekerja seperti buruh pabrik atau dokter untuk menutupi bagian hidung dan mulut. Masker memiliki kegunaan yaitu untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan masuknya partikel asing seperti debu dan virus  yang dapat membahayakan saluran pernapasan. Masker juga bisa digunakan untuk mencegah terpapar penyakit menular dan dapat mencegah terjadinya dampak negatif akibat debu yang tercampur dengan beragam kuman yang ada di udara.

Ada banyak sekali jenis masker yang beredar dipasaran yang disediakan sesuai dengan kegunaan atau peruntukkannya.


Berikut ini merupakan beberapa jenis masker yang perlu anda ketahui beserta kegunaannya, yaitu :

1. Surgical mask


Surgical mask merupakan masker yang sudah sangat dikenal dan sering dipakai oleh masyarakat umum. Anda mungkin belum mengetahui nama dari masker ini, tapi pasti anda sudah pernah menggunakannya. Surgical mask merupakan jenis masker partikel yang digunakan untuk menangkal pertikel asing masuk ke dalam saluran pernapasan. Masker ini dapat menangkal debu hingga 50 mikron. Surgical mask juga sering digunakan oleh tenaga kesehatan untuk mencegah masuknya cairan dari mulut atau hidung pasien yang sedang diobati. Masker ini juga efektif digunakan ketika sedang melakukan prosedur operasi sebagai penghalang mulut dan hidung supaya cairan dari mulut dan hidung tidak mengkontaminasi pasien. Selain itu, masker ini juga sering digunakan oleh buruh pabrik untuk menghalau debu yang masuk ke dalam mulut atau hidung.


2. Masker N95


Masker N95 merupakan masker yang berbentuk setengah bulat dan berwarna putih serta terbuat dari bahan yang solid dan tidak mudah rusak. Masker N95 dapat menjadi pilihan alternatif bagi orang sehat untuk melindungi dirinya dari paparan virus atau partikel asing yang ada di udara. Masker ini juga diketahui dapat menyaring hingga 95% partikel yang ada di udara. Masker N95 juga diketahui efektif dalam menangkal virus flu burung dan juga dapat menangkal berbagai jenis infeksi menular yang menyebar melalui udara.


3. Masker chemical



Masker chemical merupakan masker yang dibuat untuk penggunaan pada area yang mengandung asap akibat dari proses kimiawi dan oksidasi seperti pada proses pengelasan, pengecatan, maupun dapat digunakan pada bencana kabut asap atau kebakaran lahan. Masker chemical berbeda dengan masker surgical maupun masker N95. Masker jenis ini memiliki filter yang terbuat dari bahan karbon aktif yang berfungsi untuk menetralkan udara sekitar sehingga udara menjadi jernih dan aman dihirup oleh penggunanya.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search