Tuesday, February 4, 2020

Mengenal Black Garlic Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Black Garlic Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Pernahkah anda mendengar nama black garlic? Black garlic merupakan varian lain dari bawang putih. Perlu anda ketahui bahwa black garlic bukanlah jenis asli bawang putih melainkan hasil pengolahan lebih lanjut dari bawang putih. Black garlic merupakan bawang putih segar yang telah difermentasi dan dipercaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Lama waktu dari proses fermentasi black garlic sendiri tergantung dari alat yang digunakan. Jika proses fermentasi menggunakan wada tertutup dengan suhu 60 - 70 derajat celcius, maka diperlukan waktu antara 30 - 90 hari untuk mengubah bawang putih segar menjadi black garlic. Black garlic memiliki rasa yang cenderung manis dan sangat cocok diolah menjadi bumbu masakan apapun. Jika disimpan dalam lemari es dan diletakkan dalam wadah tertutup, black garlic diketahui dapat bertahan hingga 6 bulan.

Selain dapat diolah menjadi bumbu masakan, black garlic juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Hal ini tidak lain karena kandungan nutrisi yang ada didalam black garlic melebihi dari kandungan nutrisi yang ada pada bawang putih biasa. Manfaat dari black garlic yang luar biasa ini bisa diperoleh karena proses fermentasi dari bawang putih menjadi black garlic turut meningkatkan kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Sehingga, black garlic memiliki manfaat yang lebih beragam.


Berikut ini merupakan manfaat black garlic bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Dapat mencegah dan membantu pengobatan kanker

Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam jurnal studies on garlic, senyawa aktif yang ada didalam black garlic diketahui memiliki potensi untuk mencegah dan membantu pengobatan kanker. Selain itu, black garlic juga diketahui memiliki manfaat bagi pasien kanker lambung, usus besar, paru - paru, hingga leukemia. Senyawa aktif yang ada didalam black garlic bekerja dengan beberapa cara dalam mencegah dan membantu pengobatan kanker, yaitu dengan memicu kematian sel kanker, menghambat pertumbuhan dan penyebaran tumor, menghentikan siklus pertumbuhan sel, dan merangsang produksi protein khusus untuk membunuh sel kanker.

2. Berfungsi sebagai antioksidan

Black garlic merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik, karena memiliki berbagai senyawa antioksidan dalam jumlah tinggi, yaitu polifenol, flavonoid, S-allyl-cysteine, alkaloid dan masih banyak lagi kandungan antioksidan lainnya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa antioksidan memiliki manfaat dalam menjaga dan melindungi sel tubuh dari berbagai kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan suatu senyawa yang dapat memicu pembentukan plak pada pembuluh darah, kerusakan pada sel - sel otot, hingga peradangan pada pasien diabetes.

3. Menjaga kesehatan otak


Salah satu manfaat black garlic yang tidak boleh diremehkan yaitu dapat menjaga kesehatan fungsi otak. Black garlic bekerja dengan cara melindungi sel -sel saraf otak dari peradangan, dampak negative zat aditif makanan, serta berbagai zat lain yang bersifat merusak. Selain itu, black garlic juga diketahui memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan motorik dengan cara menambah jumlah sel purkinje didalam otak.





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:

Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search