Thursday, March 26, 2020

Avigan : Obat Ampuh Untuk Mengatasi Covid-19 Secara Selektif

Avigan : Obat Ampuh Untuk Mengatasi Covid-19 Secara Selektif



Ditengah mewabahnya virus corona atau covid-19 di seluruh dunia, para peneliti telah menemukan dua obat ampuh yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit corona, yaitu avigan dan chloroquine. Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang obat chloroquine, dan pada artikel kali ini kita akan mengulas obat yang satunya, yaitu avigan. Avigan merupakan obat yang memiliki nama asli favipiravir. Obat ini termasuk jenis obat antivirus yang dikembangkan oleh toyama chemical. Obat ini diketahui mengandung senyawa yang dapat melawan berbagai virus RNA. Dalam percobaan yang dilakukan terhaadap hewan, obat ini menunjukkan adanya aktivitas dalam melawan virus influenza, virus west nile, virus demam kuning, virus penyakit kuku dan mulut, dan yang terbaru adalah virus covid-19.

Obat avigan diketahui bekerja dengan cara melakukan penghambatan secara selektif terhadap polimerase RNA yang dibawa oleh virus. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa obat ini merangsang terjaidnya mutasi transversi RNA yang sangat mematikan bagi virus. Avigan merupakan jenis obat yang harus melalui proses metabolisme sebelum dapat berperan sebagai antivirus. Obai ini awalnya diciptakan untuk berjaga – jaga jika terjadi wabah influenza di negara jepang yang tidak bisa disembuhkan oleh obat anti influenza biasa. Mekanisme atau cara kerja avigan diketahui agak berbeda jika dibandingkan dengan jenis obat influenza lainnya, sehingga obat ini diharapkan dapat menjadi obat pamungkas ketika tidak ada lagi obat influenza yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut.

Avigan termasuk kedalam jenis obat keras sehingga peredarannya sangat dibatasi dan hanya diperoleh menggunakan resep dari dokter. Selain itu, obat ini dikendalikan secara penuh oleh pemerintah jepang. Obat ini hanya bisa dibuat dan diedarkan berdasarkan persetujuan dari pemerintah jepang, termasuk dalam menghadapi pandemi covid-19. Obat ini juga terbukti dapat mengatasi wabah ebola di benua afrika. Pada tahun 2016, pemerintah jepang pernah memasok avigan sebagai bantuan darurat untuk menghadapi wabah ebola di negara guinea. Obat ini diketahui efektif dalam menyembuhkan penyakit tersebut dan menyebabkan terjadinya penurunan angka kematian akibat wabah ebola di negara tersebut.


Tidak hanya dapat menyembuhkan penyakit ebola, obat avigan juga diketahui dapat menyembuhkan sindrom demam berat atau STFS. Penyakit STFS disebabkan oleh kutu hewan dan merebak pada tahun 2013 dibeberapa negara seperti china, korea, dan jepang. Obat ini juga diketahui dapat menyembuhkan pasien covid-9 dalam waktu 4 hari. Padahal, pasien yang terinfeksi covid-19 membutuhkan waktu 11 – 14 hari untuk sembuh dari penyakit ini tanpa diberikan obat – obatan. Meskipun dapat menyembuhkan penyakit corona, obat ini memiliki efek samping yang cukup serius, yaitu dapat membahayakan janin. Oleh sebab itu, pemerintah indonesia menggunakan obat ini hanya untuk menyembuhkan pasien covid-19 dengan gejala yang parah dan mengancam nyawa.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search