Monday, March 16, 2020

Cefazolin : Obat Untuk Mengatasi Berbagai Infeksi Akibat Bakteri

Cefazolin : Obat Untuk Mengatasi Berbagai Infeksi Akibat Bakteri


Memiliki tubuh yang sehat, kuat, dan tidak mudah terserang penyakit tentunya menjadi keinginan semua orang. Bagaimana tidak, ketika dalam keadaan sakit, kita menjadi tidak produktif karena tidak bisa melakukan berbagai aktivitas produktif seperti bekerja, memasak, dan berbagai hal lainnya. Tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa hampir semua manusia di muka bumi ini pasti pernah merasakan sakit atau mengalami suatu penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat. Penyakit sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal, baik yang berasal dari faktor internal tubuh seperti hormon, kanker, tumor, dsb maupun yang berasal dari luar tubuh seperti infeksi virus, bakteri, jamur, maupun patogen lainnya.

Infeksi bakteri menjadi salah satu penyebab penyakit yang banyak dialami oleh manusia. Ada banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, mulai dari penyakit kulit, keracunan makanan, penyakit menular seksual, hingga infeksi saluran pernapasan. Untuk mengatasi penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, anda bisa menggunakan obat cefazolin. Cefazolin merupakan obat jenis antibiotik yang berfungsi untuk mengobati berbagai infeksi akibat bakteri. Obat ini dapat digunakan baik sebelum ataupun sesudah operasi tertentu untuk mencegah infeksi. Cefazolin termasuk kedalam golongan antibiotik cephalosporin yang bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan dan perkembangan bakteri.

Cefazolin merupakan obat jenis antibiotik yang hanya dapat mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Sehingga, obat ini tidak bisa digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh infeksi virus maupun infeksi lainnya seperti demam dan influenza. Obat ini juga tidak bisa digunakan secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama karena justru dapat membuat bakteri penyebab penyakit menjadi kebal terhadap antibiotik. Cefazolin merupakan obat yang digunakan melalui injeksi atau jarum suntik dan hanya boleh diberikan oleh tenaga medis professional seperti dokter atau perawat. Dosis diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Cefazolin juga merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis cefazolin untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk infeksi bakteri : 250 - 500 mg melalui infus setiap 6 - 8 jam.


Dosis cefazolin utnuk anak - anak

Dosis anak untuk infeksi bakteri :
  • 25 - 50 mg/kg/hari melalui infus dalam 3 hingga 4 dosis yang dibagi seimbang. Jika terjadi infeksi parah, dosis dapat ditingkatkan menjadi 100 mg/kg/hari melalui infus dalam 3 hingga 4 dosis yang dibagi seimbang.
  • Dosis tidak boleh lebih dari 6 gram/hari.


Dosis anak untuk endocarditis :
  • 100 mg/kg/hari melalui suntikan dalam 3 hingga 4 dosis yang dibagi seimbang.
  • Dosis tidak boleh melebihi 6 gram/hari.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, obat cefazolin juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat cefazolin, yaitu :
  • Reaksi alergi
  • Mual dan muntah
  • Sakit perut
  • Diare ringan
  • Nyeri sendi
  • Perasaan gelisah
  • Ruam kulit




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search