Monday, March 16, 2020

Hilangkan Ketombe Dengan Minyak Serai

Hilangkan Ketombe Dengan Minyak Serai


Ketombe merupakan suatu masalah pada kulit kepala yang cukup menjengkelkan. Bagaimana tidak, ketombe sering kali terlihat ketika kita menggunakan baju dengan warna gelap dan ketombe tersebut kerap jatuh ke area baju tersebut. Hal ini tentunya dapat menggangu penampilan dan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Ketombe sendiri merupakan proses terjadinya pengelupasan sel kulit mati secara berlebihan yang terjadi pada area kulit kepala. Mengelupasnya sel - sel kulit mati merupakan hal yang normal jika terjadi dalam jumlah yang wajar atau sedikit. Tetapi, jika terjadi dalam jumlah yang cukup banyak, hal tersebut dapat menjadi masalah tersendiri.

Ketombe juga bisa menandakan bahwa sedang terjadi masalah pada kulit kepala anda seperti dermatitis seboroik, psoriasis, infeksi jamur, atau kutu rambut. Ketika terdapat ketombe pada kulit kepala anda, anda jangan sampai menggaruknya. Hal tersebut justru dapat memperparah kondisi anda dan dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada kulit kepala. Ketombe biasanya dapat diatasi dengan menggunakan shampoo anti ketombe. Tetapi, anda juga bisa menggunakan bahan alami untuk mengatasinya, salah satunya adalah minyak serai. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal complementary medicine research, menemukan aktivitas antijamur pada minyak serai konsentrasi rendah. Selain itu, minyak serai diketahui juga dapat mengurangi proses pengelupasan stratum korneum, menyeimbangkan produksi minyak, sekaligus mengurangi rasa gatal.

Untuk menggunakan minyak serai dalam mengatasi ketombe, anda tidak diperkenankan mengoleskan minyak serai langsung ke kepala anda. Hal ini dikarenakan minyak serai memiliki sifat iritan yang justru bisa mengiritasi kulit kepala anda jika diolesi secara langung.


Berikut ini merupakan cara tepat menggunakan minyak serai untuk mengatasi ketombe:

1. Gunakan shampoo yang mengandung minyak serai

Cara pertama untuk menggunakan minyak serai sebagai antiketombe adalah menggunakan shampoo yang mengandung minyak serai. Pilihlah shampoo yang mengandungminyak serai sekitar 10% dan gunakan secara rutin. Penggunaan shampoo yang mengandung minyak serai selama 2 minggu diketahui terbukti efektif untuk mengurangi ketombe sebanyak 81%.

2. Campurkan minyak serai dengan shampoo atau conditioner

Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk memanfaatkan khasiat minyak serai adalah dengan mencampurkannya kedalam shampoo atau conditioner. Caranya adalah tuangkan minyak serai pada shampoo atau conditioner dan gunakan sesuai dengan petunjuk yang ada. Kemudian, pijatkan ke kulit kepala dan diamkan beberapa saat supaya kandungan shampoo dan minyak dapat diserap oleh kulit secara maksimal.

3. Tambahkan air dan oleskan ke rambut


Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan khasiat dari minyak serai dalam mengatasi ketombe adalah dengan mencampurkan air kedalam minyak serai tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengencerkan konsentrasi minyak serai supaya tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Selanjutnya, oleskan larutan minyak serai ini pada kulit kepala anda secara rutin.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search