Thursday, March 26, 2020

Eletriptan : Obat Untuk Mengatasi Migrain

Eletriptan : Obat Untuk Mengatasi Migrain


Hampir semua orang di dunia pasti pernah mengalami sakit kepala. Tetapi, tahukah anda, apakah yang menjadi penyebab utama dari sakit kepala itu? Berdasarkan sudut pandang medis, sakit kepala merupakan suatu kondisi terdapatnya rasa sakit pada area kepala dan sekitarnya seperti di dalam kepala, di belakang leher, dan punggung bagian atas. Kondisi rasa sakit pada kepala juga terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah sakit kepala sebelah atau yang lebih kita kenal dengan migrain. Migrain merupakan gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga sangat berat yang seringkali berhubungan dengan beberapa gejala sistem saraf otonom.

Ketika seseorang mengalami migrain atau sakit kepala sebelah, maka orang tersebut akan merasakan beberapa gejala seperti timbulnya rasa sakit pada separuh bagian kepala, kepala terasa berdenyut - denyut, dan berlangsung selama 2 hingga 72 jam. Selain itu, orang yang mengalami migrain juga akan mengalami beberapa gejala lain seperti mual, muntah, fotofobia, fonofobia, dan rasa sakit yang semakin hebat bila melakukan aktivitas fisik. Untuk mengatasi kondisi migrain, anda bisa menggunakan obat eletriptan. Eletriptan merupakan obat yang sering digunakan untuk mengatasi migrain. Obat ini dapat membantu anda untuk meredakan sakit kepala, nyeri, dan gejala migrain lainnya seperti mual, muntah, maupun kepekaan terhadap cahaya atau suara.

Eletriptan termasuk kedalam kelas obat triptans yang bekerja dengan cara mempengaruhi zat alami serotonin yang ada didalam otak sehingga dapat membantu mengurangi dan meredakan rasa sakit pada kepala. Eletriptan merupakan jenis obat yang dapat dikonsumsi baik sebelum makan maupun setelah makan atau sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh dokter. Konsumsilah obat ini saat anda merasakan migrain saja dan jangan mengkonsumsi obat ini ketika anda tidak merasakan gejala apapun. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Eletriptan merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis eletriptan untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk migrain : 40 mg diminum sekali sehari atau 20 mg diminum sekali sehari.


Dosis eletriptan untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis obat eletriptan yang cocok dan pas untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak - anak sehingga hanya diperuntukkan penggunaannya untuk pasien dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, obat eletriptan juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat eletriptan yaitu :
  • Sakit kepala ringan
  • Merasakan ada tekanan atau perasaan berat pada bagian tubuh manapun
  • Mulut kering, sakit perut, nyeri perut, atau kram
  • Pusing, mengantuk, lemas
  • Terasa hangat pada bagian bawah kulit, muncul kemerahan, dan merasakan kesemutan ringan




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search