Thursday, March 26, 2020

Mengenal Penyakit Coccidioidomycosis

Mengenal Penyakit Coccidioidomycosis


Penyakit merupakan suatu keadaan abnormal dari tubuh atau pikiran yang menyebabkan timbulnya rasa ketidaknyamanan, disfungsi, maupun kesukaran. Hampir semua orang diseluruh dunia pasti pernah merasakan suatu penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat. Jika dilihat berdasarkan daya infeksinya, penyakit terbagi menjadi dua jenis, yaitu penyakit menular dan penyakit tidak menular. Penyakit menular merupakan suatu penyakit yang dapat menginfeksi orang banyak dan biasanya disebarkan oleh bakteri, virus, maupun spora jamur. Sedangkan penyakit tidak menular merupakan suatu penyakit yang tidak dapat menginfeksi orang lain selain penderitanya. Penyakit tidak menular biasanya disebabkan oleh gangguan hormon maupun berbagai faktor internal lainnya.

Suatu penyakit juga bisa dikatakan sebagai wabah jika menginfeksi masyarakat luas dalam suatu lingkup wilayah maupun secara global. Tingkatan wabah juga terbagi menjadi dua tingkatan, yaitu endemik dan pandemik. Endemik merupakan suatu infeksi yang berlangsung didalam polupasi tersebut tanpa adanya pengaruh dari luar. Wabah endemik biasanya bersifat lokal dan hanya menyerang dan menetap pada suatu kota saja, misalkan kota A merupakan endemik malaria, kota B endemik kolera, dan sebagainya. Sedangkan pandemik merupakan suatu wabah yang menyerang area yang lebih luas bahkan bisa menyebar ke seluruh dunia, seperti halnya virus corona yang sudah ditetapkan menjadi pandemik global oleh WHO baru - baru ini.

Salah satu jenis penyakit endemik yang ada pada wilayah benua amerika adalah penyakit coccidioidomycosis. Coccidioidomycosis merupakan suatu infeksi yang disebabkan oleh jamur coccidoides. Jamur jenis ini banyak ditemukan pada wilayah barat daya amerika serikat, sebagian wilayah meksiko, dan wilayah amerika selatan. Anda bisa terinfeksi jamur ini apabila menghirup spora jamur yang bertebaran di udara. Orang yang terinfeksi penyakit coccidioidomycosis biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Tetapi, dalam beberapa kasus, infeksi ini dapat menyebabkan gejala yang cukup parah terutama bagi orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Meksipun dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu, ada beberapa orang yang membutuhkan obat anti jamur untuk meredakan infeksi dari penyakit tersebut terutama bagi mereka yang daya tahan tubuhnya rendah.

Penyakit coccidioidomycosis sangat umum ditemui pada orang - orang yang tinggal ataupun bepergian ke daerah barat daya amerika serikat, meksiko, amerika tengah, dan amerika selatan. Hal ini karena wilayah - wilayah tersebut merupakan habitat asli dari jamur coccidoides. Infeksi ini juga dapat menyerang siapapun dari berbagai tingkatan usia. Tetapi, orang yang berusia diatas 60 tahun lah yang paling sering mengalami penyakit ini.


Berikut ini merupakan beberapa gejala yang ditimbulkan oleh penyakit coccidioidomycosis, yaitu :
  • Kecapekan
  • Batuk
  • Demam
  • Napas pendek
  • Sakit kepala
  • Berkeringat dimalam hari
  • Nyeri sendi atau pegal linu
  • Ruam kulit


Pengobatan dan pencegahan


Untuk mengobati penyakit ini, dokter biasanya akan merekomendasikan obat antijamur seperti fluconazole terutama bagi orang yang berisiko tinggi sekaligus untuk mencegah gejala berkembang semakin parah. Pengobatan biasanya berlangsung selama 3 - 6 bulan. Kemudian, jika anda tinggal atau memiliki rencana bepergian ke daerah endemik penyakit coccidioidomycosis, sebisa mungkin hindari menghirup polusi udara dan gunakan masker setiap kali beraktivitas diluar ruangan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search