Thursday, March 26, 2020

Mengenal Mugwort Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan Kulit

Mengenal Mugwort Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan Kulit


Anda mungkin masih asing dengan jenis tanaman yang satu ini. Mugwort atau tanaman yang memiliki nama ilmiah Artemisia vulgaris merupakan suatu spesies tanaman yang termasuk dalam genus artemisia. Tanaman ini merupakan tumbuhan asli pada daerah yang beriklim sedang di eropa, asia, afrika utara, dan Alaska. Ditempat asalnya, tanaman ini dikenal sebagai hama invasif dan sering tumbuh pada tanah yang kaya akan nitrogen. Tetapi, siapa sangka jika tanaman ini dapat memiliki manfaat bagi kesehatan terutama bagi kesehatan kulit jika sudah diolah. Di Indonesia, tanaman ini dikenal sebagai daun baru cina dan sudah lama digunakan untuk meningkatkan energi serta untuk mengobati berberapa jenis gangguan kesehatan seperti diare, sembelit, hingga infeksi cacing.

Selain dapat meredakan gangguan pencernaan, tanaman mugwort diketahui juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Hal ini karena adanya kandungan senyawa antibakteri, antijamur, dan antiradang didalamnya. Tanaman ini diketahui juga mengandung beberapa jenis vitamin dan antioksidan yang dapat memperkuat lapisan pelindung kulit.



Berikut ini merupakan beberapa manfaat tanaman mugwort bagi kesehatan khususnya kesehatan kulit yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Meredakan gatal pada penderita luka bakar

Perlu anda ketahui bahwa hampir semua orang yang mengalami luka bakar pasti akan merasakan gatal pada area yang luka, tepi luka, maupun bagian kulit yang menempel pada luka bakar tersebut. Hal ini tentunya cukup mengganggu dan dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman. Untuk mengurangi rasa gatal pada area yang mengalami luka bakar, anda bisa menggunakan lotion yang terbuat dari tanaman mugwort. Tanaman mugwort dapat diolah menjadi lotion atau diambil minyak atsirinya untuk membantu meredakan gatal pada proses pemulihan luka bakar. Hal ini berdasarkan penelitian yang dimuat dalam rehabilitation nursing journal yang menemukan fakta bahwa lotion mugwort diketahui berpotensi dalam meredakan gatal pada penderita luka bakar.

2. Meredakan masalah kulit

Tanaman mugwort juga dapat bermanfaat bagi orang yang memiliki kulit kering serta sensitif. Hal ini karena kandungan senyawa yang ada pada tanaman mugwort diketahui mampu memberikan nutrisi pada kulit, membantu pemulihan, serta meredakan radang, kemerahan, dan berbagai masalah kulit lainnya. Tidak hanya dapat meredakan masalah kulit, penggunaan masker wajah yang berbahan dasar mugwort juga dapat membantu melembabkan kulit serta membersihkan pori - pori kulit.

3. Memperkuat lapisan pelindung kulit


Perlu diketahui bahwa kulit terlindungi dari paparan udara luar karena adanya lapisan pelindung yang tersusun dari beberapa jenis protein diantaranya filaggrin dan loricrin. Produksi kedua jenis protein ini dipengaruhi oleh suatu gen tertentu yang ada didalam tubuh anda. Jika produksi kedua protein tersebut menurun, kulit dapat menjadi kering dan sensitif. Kondisi ini dapat diatasi dengan menggunakan ektrak dari tanaman mugwort. Tanaman ini diketahui dapat mengaktifkan gen yang memproduksi filaggrin dan loricrin sehingga lapisan pelindung kulit tetap kuat.





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search