Thursday, March 26, 2020

Ketahui Manfaat Ikan Mujair Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Ikan Mujair Bagi Kesehatan


Anda mungkin sudah sangat familiar dengan ikan mujair. Jenis ikan air tawar yang satu ini sudah menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia secara turun temurun. Ikan mujair banyak dijumpai di seluruh perairan tawar di Indonesia, baik di sungai, danau, rawa, bahkan dalam genangan atau kubangan air yang cukup dalam. Ikan mujair dapat hidup dialam liar dan tidak sedikit pula yang membudidayakan ikan ini untuk mendapatkan keuntungan. Ikan mujair sering diolah menjadi berbagai menu makanan seperti ikan goreng dan berbagai menu lainnya. Ikan mujair sendiri sebenarnya bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari perairan afrika. Nama mujair sendiri diberikan untuk mengenang penemu pertamanya yang bernama pak mujair yang menemukan jenis ikan ini di muara sungai serang, pantai selatan blitar pada tahun 1939.

Ikan mujair merupakan jenis ikan yang berukuran sedang dengan total panjang maksimum yang bisa dicapai sekitar 40 cm. Ikan mujair memiliki bentuk badan pipih dengan warna hitam, keabu-abuan, kecoklatan, hingga berwarna kuning. Ikan mujair juga termasuk jenis ikan yang sangat cepat dalam berkembang biak. Ikan ini diketahui dapat berkembang biak setiap 1,5 bulan. Ikan ini juga termasuk jenis ikan yang sangat mudah beradaptasi pada lingkungan sekitarnya. Sehingga, ikan ini dapat hidup pada perairan tawar apapun, bahkan dapat hidup pula pada perairan payau. Selain memiliki rasa yang lezat ketika diolah, ikan mujair juga diketahui memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan memiliki manfaat bagi kesehatan.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat ikan mujair bagi kesehatan, yaitu :

1. Sumber protein dan nutrisi

Ikna mujair diketahui memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Dalam 100 gram daging ikan mujair, diketahui memiliki kandungan protein sebanyak 18,7 gram. Hal ini tentunya menjadikan ikan mujair sebagai sumber protein yang cukup baik. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa protein merupakan slaah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh sebagai bahan bakar untuk menambah massa otot dan tulang, memperbaiki jaringan, serta memperlancar aliran oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, ikan mujair juga mengandung nutrisi lain yaitu kalsium yang diketahui dapat membuat tulang anda menjadi semakin kuat.

2. Mengandung asam lemak yang tinggi

Selain memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, ikan mujair juga memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi pula. Asam lemak omega 3 sendiri merupakan jenis lemak baik yang dapat meningkatkan HDL dan dapat menurunkan tingkat lemak jahat atau LDL.

3. Rendah merkuri


Ikan mujair diketahui memiliki kandungan merkuri yang cukup rendah jika dibandingkan dengan jenis ikan tawar lainnya. Hal ini tentunya membuat ikan mujair baik dikonsumsi oleh anak - anak maupun ibu hamil selama dikonsumsi dalam batas wajar dan tidak berlebihan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search