Thursday, March 26, 2020

Ketahui Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan


Indonesia merupakan Negara tropis yang memiliki banyak sekali jenis buah - buahan. Salah satu jenis buah - buahan asli Indonesia adalah buah matoa. Buah matoa merupakan buah atau tanaman asli papua. Tanaman ini berasal dari keluarga rambutan dan biasanya tumbuh liar di hutan - hutan papua. Matoa merupakan jenis tanaman yang memiliki tinggi rata - rata hingga 18 meter dan memiliki diameter pohon hingga 100 meter. Penyebaran buah matoa di tempat asalnya yaitu di pulau papua hampir terdapat diseluruh wilayah dataran rendah hingga ketinggian 1200 meter dari permukaan laut. Buah matoa memiliki bentuk daging buah yang mirip seperti buah rambutan tetapi memiliki tekstur yang lengket dan agak lembek.

Buah matoa juga disebut memiliki rasa yang unik, yaitu seperti perpaduan rasa buah kelengkeng, rambutan, dan durian. Selain memiliki rasa yang unik, buah matoa juga diketahui memiliki manfaat bagi kesehatan.



Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah matoa bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Salah satu keunggulan buah matoa adalah memiliki kandungan beberapa zat gizi yang cukup tinggi. Buah matoa diketahui kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin E yang dapat membantu mengatasi efek radikal bebas bagi tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah matoa juga dapat meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh serta kandungan vitamin E nya dapat membantu memelihara kesehatan kulit dan kesuburan pria.

2. Membantu mencegah berbagai penyakit kronis

Buah matoa juga diketahui dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Hal ini karena adanya kandungan zat tanin yang termasuk kedalam golongan antioksidan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa antioksidan merupakan suatu senyawa yang dapat digunakan untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan serangan jantung.

3. Ampuh untuk melawan kuman penyebab penyakit

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di kota bogor, buah matoa diketahui berhasil menghambat perkembangan bakteri penyebab infeksi saluran napas dan saluran kemih. Selain itu, buah matoa juga dapat mencegah kuman penyakit masuk ke dalam tubuh.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi


Buah matoa diketahui juga dapat mengendalikan tekanan darah tinggi. Hal ini karena adanya kandungan zat yang bersifat diuresis pada buah matoa yang dapat meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Ketika cairan yang ada didalam tubuh terlalu banyak, hal tersebut diketahui dapat membuat tekanan darah menjadi meningkat. Jadi, ketika kadar cairan tubuh menjadi normal, maka tekanan darah pun juga bisa diturunkan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search