Monday, March 16, 2020

Eperisone : Obat Untuk Mengatasi Kejang Otot

Eperisone : Obat Untuk Mengatasi Kejang Otot


Pernahkah anda mengalami kondisi kram atau kejang otot? Ketika mengalaminya, biasanya anda juga mengalami rasa sakit yang tidak tertahankan pada bagian otot yang mengalami kejang. Tetapi tahukah anda, apa yang menyebabkan terjadinya kejang otot? Kejang otot atau yang juga sering disebut sebagai kram otot merupakan suatu kondisi ketika otot berkontraksi dengan sangat kuat secara tiba - tiba hingga menimbulkan rasa sakit yang teramat sangat dan dapat terjadi mulai dari beberapa detik hingga dapat berlangsung selama beberapa menit. Kondisi kejang otot dapat terjadi pada bagian otot manapun, tetapi paling sering terjadi pada otot bagian kaki. Kondisi kram atau kejang otot dapat terjadi biasanya disebabkan karena anda terlalu sering menggunakan otot, mengalami dehidrasi, mengalami ketegangan otot, atau ketika anda bertahan pada satu posisi dalam waktu yang cukup lama.


Ada banyak sekali penyebab kram atau kejang otot yang perlu anda ketahui, diantaranya :
  • Pasokan darah tidak memadai : salah satu kondisi yang bisa menimbulkan terjadinya kram otot adalah karena pasokan darah yang tidak memadai. Kondisi ini biasanya disebabkan karena terjadinya penyempitan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke kaki anda sehingga menimbulkan rasa sakit. Kejang otot jenis ini biasanya langsung hilang setelah anda selesai berolahraga.
  • Kompresi saraf : Kompresi saraf tulang belakang atau yang juga dikenal dengan lumbar spinal juga bisa menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit tersebut biasanya memburuk ketika anda semakin lama berjalan.
  • Berkurangnya mineral dan elektrolit dalam tubuh : Kekurangan elektrolit didalam tubuh juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kram atau kejang pada otot anda.

Kondisi kram atau kejang otot dapat menimbulkan rasa sakit yang teramat sangat pada bagian otot yang mengalaminya. Tetapi, anda tidak perlu khawatir karena kondisi kram otot ini dapat diatasi dengan menggunakan beberapa jenis obat - obatan, salah satunya adalah eperisone. Eperisone merupakan obat yang dapat digunakan untuk mengobati kejang otot. Obat ini bekerja dengan cara menuju langsung ke sumber nyeri dan mengatasi rasa nyeri tersebut. Obat ini harus digunakan bersamaan dengan makanan dan harus dikonsumsi setelah makan. Eperisone merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis eperisone untuk orang dewasa
  • Dosis obat untuk mengobati spasme otot : 50 mg, dikonsumsi sebanyak 3 kali sehari.

Dosis eperisone untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis eperisone yang cocok dan pas untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak - anak, sehingga hanya diperuntukkan untuk pasien dewasa saja.

Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, eperisone juga bisa menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin akibat penggunaan obat eperisone, yaitu :
  • Lemas
  • Pusing
  • Insomnia
  • Mengantuk
  • Mati rasa



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search