Monday, March 16, 2020

Ketahui Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan


Pernahkah anda mengkonsumsi buah kesemek ? Bagi orang yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, buah kesemek mungkin sudah sangat jarang ditemui. Tetapi, bagi orang yang tinggal di pedesaan, buah ini masih cukup mudah ditemui. Buah kesemek merupakan buah yang berasal dari Negara tiongkok yang telah ditanam sejak ribuan tahun yang lalu. Di Indonesia, buah kesemek juga sering disebut sebagai buah nona karena pada bagian luar buahnya sering ditemukan serbuk berwarna putih yang mirip seperti bedak yang sering digunakan oleh kaum hawa. Buah kesemek memiliki rasa yang manis seperti madu. Meskipun berukuran kecil, buah kesemek ternyata memiliki kandungan zat gizi yang cukup tinggi.

Dalam 1 butir buah kesemek yang memiliki berat 168 gram, diketahui mengandung 118 kalori, 31 gram karbohidrat, 1 gram protein, 0,3 gram lemak, serta 6 gram serat. Selain itu, buah kesemek juga kaya akan zat gizi lainnya meliputi berbagai jenis vitamin seperti Vitamin A, C, E, K, B1, B2, B6 dan berbagai jenis mineral seperti kalium, tembaga, mangan, folat, magnesium, dan fosfor. Selain kaya akan kandungan vitamin dan mineral, buah kesemek juga kaya akan berbagai senyawa yang bermanfaat seperti tanin, flavonoid, dan karotenoid. Karena kaya akan kandungan berbagai zat gizi, maka jangan heran jika buah kesemek memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini merupakan manfaat yang bisa anda dapatkan jika rutin mengkonsumsi buah kesemek, yaitu :

1. Memiliki khasiat anti kanker

Buah kesemek merupakan salah satu jenis buah yang mengandung zat antioksidan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa zat antioksidan merupakan senyawa alami yang dapat membantu mencegah atau memperlambat kerusakan sel dengan cara menangkal paparan radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan suatu senyawa polutan yang diketahui dapat menyebabkan kerusakan pada sel sehat sehingga sel sehat tersebut tumbuh menjadi abnormal dan berubah menjadi sel kanker. Buah kesemek diketahui mengandung beberapa jenis antioksidan seperti karotenoid, katekin, vitamin C, vitamin A, betakaroten, dan flavonoid yang dapat membantu anda dalam melawan paparan radikal bebas.

2. Mengurangi peradangan

Buah kesemek juga diketahui memiliki kandungan senyawa antiradang yang bisa membantu anda untuk memulihkan peradangan yang terjadi didalam tubuh. Senyawa antiradang yang ada pada buah kesemek ini berasal dari kandungan antioksidan. Berbagai senyawa antioksidan seperti vitamin C, karotenoid, dan flavonoid merupakan senyawa aktif yang terdapat dalam buah kesemek serta dapat membantu anda dalam mengatasi peradangan yang terjadi didalam tubuh anda.

3. Menjaga kesehatan mata


Buah kesemek termasuk jenis buah yang memiliki kandungan vitamin A dalam jumlah yang cukup tinggi. Buah ini diketahui dapat mencukupi 55% kebutuhan vitamin A harian anda. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa vitamin E merupakan jenis vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Dengan rutin mengkonsumsi buah kesemek, maka anda pun bisa terhindar dari berbagai penyakit mata termasuk penyakit mata degenerasi makula.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search