Monday, March 16, 2020

Epinastine : Obat Untuk Mencegah Timbulnya Gejala Alergi Pada Mata

Epinastine : Obat Untuk Mencegah Timbulnya Gejala Alergi Pada Mata


Alergi merupakan suatu reaksi abnormal atau reaksi berlebihan yang dilakukan oleh sistem kekebalan tubuh manusia terhadap suatu zat. Meskipun zat tersebut bukanlah zat yang membahayakan bagi tubuh. Tetapi, karena reaksi berlebihan dari sistem pertahanan tubuh tersebut, paparan zat allergen yang sebenarnya tidak membahayakan disalah artikan sebagai benda asing yang membahayakan sehingga tubuh menghasilkan berbagai macam reaksi seperti timbulnya rasa gatal, bentol - bentol, dan berbagai gejala alergi lainnya. Gejala alergi sendiri biasanya terjadi ketika tubuh terpapar allergen atau zat yang bisa menimbulkan alergi seperti bulu binatang, sengatan lebah, makanan tertentu, tungau, serbuk bunga, maupun karena mengkonsumsi obat - obatan.

Gejala alergi sering terjadi pada beberapa bagian tubuh yang melakukan kontak langsung dengan udara luar seperti kulit, hidung, mata, dan mulut. Organ mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat rentan mengalami alergi, terutama alergi yang disebabkan oleh paparan polusi seperti debu, asap, dan berbagai zat polutan lainnya. Alergi yang terjadi pada organ mata biasanya menimbulkan beberapa macam gejala seperti gatal - gatal, mata merah, dan mata berair. Untuk mengatasi dan mencegah timbulnya gejala alergi pada mata, anda bisa menggunakan obat epinastine. Epinastine merupakan jenis obat antihistamin yang sering digunakan mencegah timbulnya gejala alergi pada mata seperti gatal - gatal yang disebabkan oleh paparan allergen maupun karena alergi konjungtivitis.

Epinastine merupakan jenis obat tetes yang penggunaannya dengan cara diteteskan pada mata yang mengalami alergi. Obat ini biasanya digunakan sebanyak 2 kali sehari atau sesuai dengan arahan yang diberikan oleh dokter anda. Jika anda menggunakan lensa kontak, sebaiknya lepaskan dahulu lensa kontak anda sebelum mengaplikasikan obat ini pada kedua mata anda. Selalu baca petunjuk yang tertera pada kemasan untuk mengetahui cara penggunaan dan penyimpanan obat yang tepat. Epinastine merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis epinastine untuk orang dewasa
  • Berikan 1 tetes obat pada mata yang bermasalah sebanyak 2 kali sehari.


Dosis epinastine untuk anak - anak
  • Berikan 1 tetes obat pada mata yang bermasalah sebanyak 1 kali sehari.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, epinastine juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat epinastine, yaitu :
  • Rasa terbakar pada mata
  • Mata berair
  • Sakit kepala
  • Gejala pilek




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search