Monday, March 16, 2020

Ketahui Manfaat Teh Saffron Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Teh Saffron Bagi Kesehatan


Teh saffron kini tengah viral dikalangan kaum hawa. Teh yang terbuat dari putik bunga saffron ini diyakini dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat tanpa menimbulkan efek samping. Bunga saffron atau yang juga dikenal sebagai kuma - kuma merupakan nama untuk rempah - rempah yang berasal dari tanaman crocus sativus. Bunga saffron diketahui berasal dari asia barat daya. Tanaman ini juga dikenal sebagai salah satu komoditas rempah termahal di dunia selama beberapa dekade. Teh saffron sendiri berasal dari putik bunga saffron yang dikeringkan kemudian diseduh dengan segelas air hangat. Alasan tanaman ini disebut sebagai rempah termahal adalah karena setiap 450 gram putik bunga saffron dihargai sekitar 7 hingga 70 juta rupiah.

Harga putik bunga saffron yang mahal ini ternyata berbanding lurus manfaatnya bagi kesehatan. 


Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan jika rutin mengkonsumsi teh saffron, yaitu :

1. Antidepresan

Bunga saffron juga dikenal sebagai sunshine sipece karena bunga ini memiliki warna merah dan kuning yang mirip seperti warna matahari terbit. Selain itu, rempah yang satu ini juga diketahui dapat menambah atau meningkatkan mood seseorang. Hal ini didasarkan pada penelitian yang diterbitkan dalam journal of ethnopharmacology yang menemukan fakta bahwa manfaat dari putik bunga saffron diketahui sama efektifnya seperti obat floxentine dalam mengatasi depresi ringan hingga sedang. Selain itu, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi ekstrak saffron secara langsung selama 6 - 12 minggu dapat meringankan gejala depresi berat.

2. Memiliki sifat anti kanker

Putik bunga saffron diketahui memiliki kandungan antioksidan dalah jumlah yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi ini diketahui dapat membantu menetralkan radikal bebas yang menjadi penyebab utama dari berbagai penyakit kronis dan mematikan seperti tumor dan kanker. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak dari tanaman ini diketahui dapat membunuh sel kanker pada usus besar secara selektif dan menekan pertumbuhan sel kanker tanpa mempengaruhi sel normal lainnya.

3. Mengatasi gejala PMS


PMS merupakan singkatan dari premenstrual syndrome yang sering terjadi pada wanita dan dapat menyebabkan berbagai gejala serta perasaan tidak nyaman mulai dari mood swing hingga berbagai perasaan tidak nyaman lainnya. Untuk mengatasi gejala PMS pada wanita, anda bisa menggunakan teh saffron sebagai solusi alternatif. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam international journal of obstetrics and gynecology mencoba teh saffron untuk mengatasi gejala PMS pada wanita yang berusia 20 hingga 45 tahun. Kemudian, para peneliti menemukan fakta bahwa dengan mengkonsumsi 15 mg saffron sebanyak 2 kali sehari diketahui efektif untuk meredakan gejala PMS.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search