Monday, March 16, 2020

Ketahui Beberapa Hal Yang Dapat Membuat Anda Mengalami Penyakit Epilepsi

Ketahui Beberapa Hal Yang Dapat Membuat Anda Mengalami Penyakit Epilepsi


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa epilepsi merupakan sebuah penyakit kronis yang membuat penderitanya sering mengalami kejang secara tiba - tiba tanpa diketahui penyebab atau pemicu yang jelas. Kondisi epilepsi diyakini terjadi karena adanya gangguan sistem saraf pusat atau neurologis yang ada pada otak seseorang sehingga dapat menimbulkan kejang dan hilangnya kesadaran. Kejang memang gejala utama dari penyakit epilepsi, tetapi tidak semua orang yang mengalami kejang bisa dikatakan sebagai pengidap epilepsi. Hal ini dikarenakan seseorang baru bisa dianggap mengidap penyakit epilepsi jika sudah mengalami 2 kali kejang dalam kurun waktu 24 jam tanpa penyebab yang jelas.

Seseorang bisa dikatakan mengidap epilepsi jika mengalami beberapa hal berikut ini, yaitu :
  • Kejang berlangsung lebih dari 5 menit.
  • Pernapasan atau kesadaran tidak kembali setelah kejang berhenti.
  • Kejang kedua berlangsung segera setelahnya.
  • Demam tinggi.
  • Kelelahan akibat terpapar panas.
  • Dalam kondisi hamil.
  • Mengidap penyakit diabetes.
  • Pernah mengalami cedera pada kepala.

Jika anda menemukan berbagai gejala tersebut pada seseorang, maka segera bawa orang tersebut ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. 


Meskipun hingga saat ini belum ditemukan secara pasti hal apa yang menyebabkan seseorang menderita penyakit epilepsi, tetapi ada beberapa hal yang meningkatkan risiko anda mengidap penyakit epilepsi, yaitu :

1. Faktor genetik

Jika orang tua anda ada yang mengidap penyakit epilepsi, maka ada kemungkinan anda juga mengidap penyakit yang sama. Hal ini disebut sebagai faktor genetik penyebab epilepsi. Faktor genetik penyebab epilepsi sendiri terbagi menjadi dua, yaitu kondisi genetik yang menyebabkan cedera otak seperti penyakit tuberous sclerosis dan juga karena faktor keturunan. Para peneliti juga menemukan fakta bahwa penyait epilepsi diketahui berhubungan dengan gen tertentu yang lebih sensitif terhadap lingkungan pemicu kejang.

2. Trauma kepala

Penyakit epilepsi juga bisa disebabkan karena adanya trauma pada kepala anda. Kondisi trauma kepala ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kecelakaan maupun cedera traumatic lainnya. Kecelakaan yang bisa menjadi penyebab seseorang mengalami epilepsi adalah kondisi kecelakaan yang melibatkan benturan kepala yang mengakibatkan terganggunya fungsi otak hingga memicu timbulnya kejang di kemudian hari.

3. Masalah pada otak

Ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan masalah pada otak seperti penyakit stroke dan tumor otak. Kedua penyakit tersebut diketahui dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada struktur otak hingga akhirnya dapat menyebabkan terjadinya epilepsi. Selain itu, ada banyak pula penelitian yang menyatakan bahwa penyakit stroke merupakan faktor utama penyebab epilepsi yang terjadi pada orang dewasa dengan usia diatas 35 tahun.

4. Cedera prenatal


Cedera prenatal merupakan suatu kondisi ketika bayi mengalami cedera saat masih berada didalam kandungan atau saat sebelum dilahirkan. Biasanya, kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti infeksi yang terjadi pada ibu, kurangnya nutrisi, atau kurangnya oksigen saat dilahirkan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search