Monday, March 16, 2020

Gabapentin : Obat Untuk Mencegah Dan Mengontrol Kejang Pada Orang Dewasa

Gabapentin : Obat Untuk Mencegah Dan Mengontrol Kejang Pada Orang Dewasa


Apakah anda pernah melihat seseorang yang mengalami kejang ? Orang yang paling sering mengalami kejang biasanya adalah orang yang mengidap penyakit epilepsi. Epilepsi atau yang juga kita kenal dengan penyakit ayan merupakan suatu penyakit kronis yang memiliki ciri khas yaitu sering mengalam kejang yang tidak diketahui penyebabnya. Kondisi kejang yang terjadi pada pengidap epilepsi biasanya disebabkan karena adanya gangguan sistem saraf pusat atau neurologis yang dapat menimbulkan kejang dan hilangnya kesadaran. Penyakit epilepsi memang identik dengan kondisi kejang. Tetapi, tidak semua orang yang mengalami kejang merupakan pengidap epilepsi.

Untuk mengatasi kondisi kejang pada pengidap epilepsi, anda bisa mneggunakan obat gabapentin. Gabapentin merupakan obat yang digunakan untuk mencegah dan mengontrol kejang. Obat ini juga dikenal sebagai obat anti kejang. Selain digunakan untuk mengatasi kejang pada pengidap epilepsi, gabapentin juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri saraf pada pengidap herpes zoster. Obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kondisi nyeri saraf lainnya seperti neuropati diabetic, neuropati perifer, neuralgia trigeminal, dan restless leg syndrome. Gabapentin termasuk kedalam jenis obat resep, sehingga untuk memperolehnya anda harus menggunakan resep dari dokter.

Gabapentin merupakan obat yang dapat dikonsumsi baik dengan makanan maupun tanpa makanan. Jika anda menggunakan obat gabapentin jenis tablet, dokter biasanya menganjurkan anda untuk membelahnya menjadi dua bagian, dan gunakan setengah tablet gabapentin lainnya untuk jadwal minum obat berikutnya. Dokter memberikan dosis obat berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Untuk meminimalisir risiko terjadinya efek samping, gunakan dosis pertama obat gabapentin sebelum tidur. Gabapentin merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpan obat ini pada tempat yang lembab.


Dosis gabapentin untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk epilepsi :
  • Dosis awal : 300 mg secara oral pada hari pertama. Kemudian 300 mg secara oral sebanyak 2 kali sehari pada hari kedua. Lalu, 300 mg secara oral sebanyak 3 kali sehari pada hari ketiga.
  • Dosis rumatan : 900 - 3600 mg secara oral dalam 3 dosis yang terbagi.
  • Dosis maksimal : 4.800 mg dalam sehari.
Dosis dewasa untuk nyeri akibat herpes zoster :
  • 600 mg dipagi hari selama 3 hari, kemudian ditingkatkan menjadi 600 mg, 2 kali sehari.
Dosis dewasa untuk nyeri neuropati :
  • ·         Dosis awal : 300 mg secara oral pada hari pertama. Kemudian 300 mg secara oral sebanyak 2 kali sehari pada hari kedua. Lalu, 300 mg secara oral sebanyak 3 kali sehari pada hari ketiga.
  • Dosis rumatan : 900 mg secara oral dalam 3 dosis yang terbagi.
  • Dosis maksimal : 3.600 mg dalam sehari.


Dosis gabapentin untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis obat gabapentin yang cocok dan pas untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak - anak sehingga hanya diperbolehkan penggunaannya untuk pasien dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, obat gabapentin juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat gabapentin, yaitu :
  • Pusing, mengantuk, lemah, dan lemas
  • Mual, diare, dan sembelit
  • Penglihatan kabur
  • Sakit kepala
  • Mulut kering




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search