Monday, March 16, 2020

Ketahui Manfaat Quercetin Bagi kesehatan Tubuh

Ketahui Manfaat Quercetin Bagi kesehatan Tubuh


Pernahkah anda mendengar nama quercetin ? Nama ini mungkin masih sangat asing ditelinga anda. Quercetin merupakan salah satu jenis hormon flavonoid yang terdapat pada beberapa jenis sayur - sayuran dan buah - buahan. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa buah dan sayur merupakan jenis makanan sehat yang kaya akan manfaat. Hal ini dikarenakan adanya berbagai kandungan zat gizi seperti vitamin, mineral dan zat gizi lain pada sayur dan buah. Salah satu zat gizi yang terdapat pada sayur dan buah adalah quercetin. Quercetin sendiri merupakan salah satu jenis antioksidan yang diketahui sangat bermanfaat bagi tubuh. Seperti yang telah kita ketahui bahwa antioksidan merupakan suatu senyawa yang memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya.

Sebenarnya, hampir semua jenis buah dan sayuran hijau memiliki kandungan quercetin didalamnya. 


Tetapi, ada beberapa jenis buah dan sayur yang memiliki kandungan quercetin lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis buah atau sayuran lainnya, yaitu :
  • Tomat
  • Apel dan anggur merah
  • Brokoli
  • Teh hijau dan teh hitam
  • Bawang merah dan bawang putih
  • Buah ceri
  • Buah beri
  • Kubis
  • Asparagus

Sebagai salah satu jenis antioksidan yang cukup kuat, qurcetin dipercaya dapat memberikan perlindungan terhadap jaringan tubuh yang rusak yang disebabkan oleh paparan obat - obatan maupun karena paparan radikal bebas. 


Tidak hanya itu, senyawa antioksidan yang satu ini juga dapat memberikan berbagai manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh, seperti :

1. Membantu melawan radikal bebas

Sebagai salah satu jenis antioksidan, quercetin juga memiliki manfaat yang sama dengan zat antioksidan lainnya yaitu dapat membantu tubuh dalam melawan efek radikal bebas. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan oleh pharmacognosy review, senyawa antioksidan diketahui mampu menghambat reaksi oksidasi yang dapat menciptakan radikal bebas. Oleh karena itu, kandungan quercetin yang ada didalam buah dan sayur juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh paparan radikal bebas seperti asma dan penuaan dini.

2. Membantu mengurangi gejala alergi

Selain dapat menagkal efek radikal bebas, hormon quercetin diketahui juga dapat membantu mengurangi dan meredakan gejala alergi. Manfaat quercetin dalam meredakan gejala alergi ini tidak lain karena adanya kandungan zat anti peradangan pada quercetin. Kandungan zat anti peradangan ini bekerja dengan cara menghambat pelepasan histamin dari sel mast dan senyawa alergi lainnya, sehingga quercetin juga dapat berperan sebagai antihistamin alami. Oleh karena itu, quercetin juga bisa digunakan untuk mengatasi gejala asma pada penyakit bronkitis.

3. Membantu mengurangi risiko kanker


Seperti yang telah kita ketahui bahwa senyawa antioksidan memiliki manfaat untuk menangkal efek radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit mematikan, salah satunya adalah penyakit kanker. Manfaat ini juga berlaku pada quercetin, karena quercetin juga bagian dari senyawa antioksidan tersebut. Quercetin diketahui memiliki sifat anti karsinogenik yang cukup kuat dan dipercaya dapat mengurangi pertumbuhan tumor yang terjadi pada organ hati, otak, usus besar, dan jaringan lainnya serta dapat menghambat penyebaran sel kanker.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search