Monday, March 16, 2020

Epoprostenol : Obat Untuk Mengatasi Penyakit Pulmonary Arterial Hypertension

Epoprostenol : Obat Untuk Mengatasi Penyakit Pulmonary Arterial Hypertension


Pulmonary arterial hypertension atau yang lebih kita kenal sebagai penyakit hipertensi paru merupakan suatu kondisi ketika pembuluh darah arteri di paru - paru mengalami penyempitan dan sisi kanan jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah menuju paru - paru. Kondisi penyempitan pada pada pembuluh arteri di paru - paru ini kemudian memicu terjadinya tekanan darah tinggi pada organ paru - paru. Seiring berjalannya waktu, sisi jantung bagian kanan terus bekerja lebih keras sehingga akhirnya menimbulkan kelemahan otot jantung yang akhirnya dapat memicu terjadinya gagal jantung. Meskipun penyakit pulmonary arterial hypertension tidak bisa disembuhkan, tetapi anda bisa mengendalikannya supaya gejala dari penyakit tersebut tidak bertambah parah.

Obat yang bisa anda gunakan untuk mengendalikan penyakit pulmonary arterial hypertension adalah epoprostenol. Epoprostenol merupakan obat yang sering digunakan utnuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi di paru - paru atau istilah medisnya disebut dengan pulmonary arterial hypertension. Epoprostenol diketahui dapat membantu meningkatkan kemampuan anda untuk berolahraga serta mengurangi gejala sesak napas dan kelelahan. Obat ini termasuk kedalam kelas obat vasodilator yang bekerja dengan cara merilekskan dan melebarkan pembuluh darah arteri yang ada pada organ paru - paru dan bagian tubuh lainnya sehingga darah dapat mengalir dengan lancar.

Epoprostenol merupakan jenis obat inijeksi yang digunakan dengan cara menyuntikkan cairan obat menggunakan jarus suntik atau dengan sistem infus. Pemberian obat epoprostenol hanya bisa dilakukan oleh tenaga medis professional yang ada di klinik atau rumah sakit. Sebelum menggunakan obat, periksalah produk ini apakah ada partikel asing seperti debu di dalam obat. Hal ini dilakukan untuk memastikan supaya kualitas obat tetap terjaga dengan baik sehingga hasil pengobatannya pun bisa menjadi lebih optimal. Epoprostenol merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis epoprostenol untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk hipertensi paru :
  • Dosis awal akut : 2 ng/kg/menit dan dapat ditingkatkan secara bertahap.
  • Dosis maksimum : 8,6 ng/kg/menit.
  • Infus kronis lanjutan : 4 ng/kg/menit .


Dosis epoprostenol untuk anak - anak
  • Hipertensi pulmonal : Dosis awal 2 ng/kg/menit dan dapat ditingkatkan menjadi 40 ng/kg/menit.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, epoprostenol juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat epoprostenol, yaitu :
  • Wajah terasa panas dan berwarna kemerahan.
  • Mual, muntah, diare, sakit perut
  • Sakit kepala
  • Nyeri rahang
  • Nyeri sendi
  • Merasa cemas dan gelisah




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search