Monday, March 16, 2020

Ketahui Manfaat Jamur Enoki Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Jamur Enoki Bagi Kesehatan


Jamur enokitake atau yang lebih kita kenal dengan sebutan jamur enoki merupakan salah satu jenis jamur pangan yang memiliki tubuh buah berbentuk panjang seperti tauge. Jamur jenis ini juga sangat dikenal dalam pengobatan tradisional tiongkok. Jamur enoki sendiri merupakan jenis jamur yang tumbuh pada musim dingin dan biasanya tumbuh dekat pohon berdaun jarum sehingga jamur ini juga dikenal sebagai jamur musim dingin dan jamur jarum. Jamur enoki awalnya berasal dari daratan jepang yang tumbuh pada musim gugur hingga awal musim semi. Tubuh jamur enoki yang tumbuh di alam bebas sangat berbeda dengan jamur enoki hasil budidaya yang berwarna putih. Jamur enoki yang berasal dari alam bebas justru berwarna cokelat dan merah jambu karena selalu terpapar sinar matahari.

Tidak hanya dapat diolah menjadi sup jamur yang lezat, jamur enoki diketahui juga memiliki manfaat bagi kesehatan.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat jamur enoki bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Berpotensi mencegah kanker

Salah satu manfaat dari jamur enoki yang perlu anda ketahui adalah memiliki potensi untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Hal ini tidak lain karena adanya kandungan vitamin dan mineral dalam jamur enoki yang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker. Pernyataan ini didasarkan pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1989 oleh para peneliti dari research institute of national cancer. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa angka kematian akibat kanker berkurang di wilayah nagano yang mana masyarakatnya gemar mengkonsumsi jamur enoki. Bahkan studi lain yang dilakukan pada hewan percobaan menemukan fakta bahwa jamur enoki juga bisa mengurangi aktivitas pertumbuhan tumor dan sel kanker hati.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tidak hanya dapat mencegah munculnya sel kanker, jamur enoki ternyata memiliki manfaat lain yang tidak kalah hebat, yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Hal ini tidak lain karena adanya kandungan protein pada jamur enoki. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh frontiers in pharmacology, kandungan protein yang ada pada jamur enoki diketahui sebanding dengan sayuran berdaun hijau. Kandungan protein tersebut kemudian digunakan oleh tubuh kita untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya tidak mudah terkena penyakit.

3. Baik untuk pencernaan


Manfaat lain dari jamur enoki yang perlu anda ketahui yaitu dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan anda. Dalam 1 buah jamur enoki, diketahui mengandung 1,8 gram serat. Kandungan serat yang cukup banyak pada jamur enoki ini tentunya memiliki manfaat bagi kesehatan, yaitu dapat menyeimbangkan pergerakan usus, menjaga kesehatan usus, dan membantu memperoleh berat badan yang ideal.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search