Monday, March 16, 2020

Mengenal Labu Air Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Labu Air Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Siapa sih yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini. Yaps, labu air bukanlah nama asing terutama bagi ibu - ibu yang sering memasak sayur. Labu air sendiri merupakan sejenis buah labu yang buah mudanya sering diolah menjadi sayur dan buah tuanya sering dimanfaatkan sebagai wadah atau tempat air. Seperti yang kita ketahui bahwa buah labu banyak sekali jenisnya mulai dari blewah, labu siam, beligo, waluh, dan salah satunya adalah labu air. Di indonesia, labu air sering diolah menjadi berbagai jenis sayur yang sangat menggugah selera, salah satunya adalah sayur godog. Sayur godog sering dipadukan dengan lontong sehingga terbentuklah kuliner yang bernama lontong sayur.

Selain dapat diolah menjadi makanan yang menggugah selera, labu air ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. 


Berikut ini merupakan beberapa manfaat labu air bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Mengandung berbagai nutrisi

Labu air termasuk kedalam jenis sayuran yang kaya akan berbagai kandungan zat gizi didalamnya. Dalam 100 gram labu air, diketahui mengandung 3,8 gram karbohidrat, 0,6 gram protein, serta 0,2 gram lemak. Selain itu, labu air juga memiliki kandungan air yang sangat tinggi serta hanya mengandung kalori dengan jumlah yang sangat sedikit, yaitu hanya sekitar 19 kalori. Selain itu, labu air juga mengandung berbagai jenis mineral lainnya seperti kalsium, fosfor, natrium, kalium, dan zat besi. Tidak hanya mineral, labu air juga memiliki kandungan berbagai jenis vitamin yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh seperti vitamin A, B1, B2, B3, serta vitamin C. Bahkan, kandungan vitamin C pada 100 gram labu air sudah mencukupi 10% dari kebutuhan vitamin C harian anda.

2. Mengendalikan kadar gula dalam darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam international journal of green pharmacy menyatakan bahwa labu air diketahui dapat memberikan manfaat dalam hal mengendalikan kadar gula darah seseorang. Pada penelitian ini, sebanyak 50 orang yang berusia 40 - 60 tahun diminta untuk mengkonsumsi 200 ml sari labu air setiap pagi selama 90 hari. Setelah rutin mengkonsumsi sari labu air, gula darah para responden yang tadinya sebesar 87,5 mg/dl turun menjadi 84,1 mg/dl. Meskipun penurunan yang terjadi hanya sedikit, tetapi labu air tetap memiliki potensi untuk menurunkan kadar gula darah terutama bagi penderita diabetes.

3. Menurunkan kadar kolesterol


Selain dapat mengendalikan kadar gula darah, labu air juga diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam darah seseorang. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam journal of ayuverda and integrative medicine, yang menyatakan bahwa labu air diketahui berpotensi dapat menurunkan kolesterol. Para peneliti melarutkan ekstrak labu air kedalam sejumlah bahan, lalu memberikannya kepada beberapa ekor tikus. Setelah beberapa saat kemudian, kadar kolesterol total, trigliserida dan kolestrol LDL pada tikus percobaan menurun secara drastis. Hal ini tentunya membuktikan bahwa labu air memang memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Meskipun, percobaan ini baru dilakukan dengan media tikus percobaan dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efeknya jika diberikan kepada manusia.





Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search