Monday, March 16, 2020

Ergocalciferol : Suplemen Vitamin D Untuk Menjaga Pertumbuhan Tulang

Ergocalciferol : Suplemen Vitamin D Untuk Menjaga Pertumbuhan Tulang


Tulang merupakan salah satu komponen utama yang membentung struktur tubuh manusia. Karena berperan penting dalam membentuk struktur tubuh, maka kekuatan dan kesehatan tulang harus dijaga dengan baik. Hal ini karena ada beberapa penyakit yang dapat mengganggu kesehatan tulang anda seperti penyakit rakhitis dan osteomalacia. Kalsium merupakan zat gizi yang berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Selain kalsium, ternyata ada zat gizi lain yang juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang, yaitu vitamin D. Vitamin D bisa diperoleh secara alami melalui paparan sinar matahari pagi yang mengandung ultraviolet. Ketika sinar ultraviolet tersebut mengenai kulit, maka sinar tersebut merangsang kulit untuk membentuk kolagen yang kaya akan vitamin D untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin D memang lebih dikenal sebagai vitamin yang sangat bermanfaat dalam dunia kecantikan dan kesehatan kulit. Tetapi, siapa sangka vitamin ini juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin D sendiri tersusun atas tiga unsur, yaitu ergocalciferol, cholecalciferol, dan alfacalcidol. Kesemua jenis vitamin D tersebut diketahui dapat membantu tubuh anda dalam menyerap kalsium dan fosfor supaya penyerapan kedua mineral tersebut menjadi lebih optimal. Dengan memiliki kandungan vitamin D, kalsium dan fosfor dalam jumlah yang tepat, maka anda pun turut membangun dan menjaga kesehatan tulang anda supaya tetap kuat dan tidak mudah terkena penyakit.

Salah satu jenis suplemen vitamin D yang bisa anda gunakan untuk menjaga kesehatan tulang adalah ergocalciferol. Ergocalciferol merupakan suplemen vitamin D yang sering digunakan untuk mengobati beberapa jenis gangguan tulang seperti rakhitis dan osteomalacia. Ergocalciferol juga bisa digunakan bersamaan dengan suplemen kalsium untuk mengobati dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Selain itu, obat ini juga bisa digunakan bersamaan dengan obat lain utnuk mengobati rendahnya tingkat kalsium atau fosfat yang disebabkan oleh penyakit tertentu seperti hipoparatiroidisme, pseudohipoparatiroidisme, dan hypophosphatemia.

Obat ergocalciferol juga dapat digunakan untuk mengobati pasien yang mengalami penyakit ginjal dengan cara menjaga kadar kalsium supaya tetap normal dan memungkinkan terjadinya pertumbuhan tulang secara normal. Sebelum anda memutuskan untuk mengkonsumsi obat ini, bacalah petunjuk yang tertera pada kemasan obat dan selalu ikuti petunjuk yang diberikan oleh dokter anda. Ergocalciferol merupakan jenis obat yang paling baik diminum sesudah makan. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis pasien dan respon pasien terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Ergocalciferol merupakan salah satu jenis obat yang paling baik disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis ergocalciferol untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk hypocalcemia : 50.000 - 200.000 unit melalui intra muscular sekali sehari.
  • Dosis dewasa untuk hypoparatiroidisme : 25.000 - 200.000 unit melalui IM dan harus diberikan bersama dengan suplemen kalsium.
  • Dosis dewasa untuk familial hypophosphatemia : 250 - 1500 mcg/hari diberikan bersama dengan suplemen fosfat.

Dosis ergocalciferol untuk anak - anak
  • Dosis anak untuk pencegahan kekurangan vitamin D : 200 unit internasional/hari.
  • Dosis anak untuk hipoparatiroidisme : 50.000 - 200.000 unit internasional sekali sehari. Pemberian obat harus bersamaan dengan pemberian suplemen kalsium.
  • Dosis anak untuk osteomalasia : 1000 - 5000 unit internasional sekali sehari.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, ergocalciferol juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat ergocalciferol, yaitu :
  • Gatal - gatal
  • Sulit bernapas
  • Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, dan tenggorokan




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search