Monday, March 16, 2020

Ketahui Manfaat Daun Singawalang Bagi Kesehatan

Ketahui Manfaat Daun Singawalang Bagi Kesehatan


Pernahkah anda mendengar nama tanaman herbal yang bernama daun singawalang? Bagi masyarakat perkotaan, nama ini mungkin terdengar sangat asing ditelinga. Hal ini karena masyarakat perkotaan cenderung kurang perduli terhadap nama - nama tanaman. Tetapi, di wilayah pedesaan tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama daun singawalang. Daun singawalang termasuk kedalam famili phytolaceae yang awalnya berasal dari hutan amazon. Kemudian tanaman ini menyebar ke Indonesia melalui india. Meskipun tanaman singawalang belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Indonesia, tetapi tanaman ini sudah dimanfaatkan sejak ratusan tahun yang lalu di wilayah karibia, amerika latin, dan afrika barat.

Di wilayah asalnya yaitu amerika latin, daun singawalang sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional utnuk meredakan rasa sakit, flu, anti inflamasi, anti tumor, anti bakteri, anti jamur, anti hiperlipidemia, anti diabetes, dan dapat mengobati berbagai penyakit lainnya yang berkembang pada lingkungan hutan hujan tropis. Secara fisik, tanaman singawalang berbentuk seperti semak - semak merunduk dengan tinggi tanaman yang dapat mencapai 1 meter. Beberapa penilitan menyebutkan bahwa daun singawalang memiliki kandungan senyawa saponin, polifenol. kumarin, flavonoid, dan alkanoid pada akar, batang dan daun. Karena adanya berbagai kandungan tersebut, tanaman ini juga sering digunakan sebagai insektisida alami.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari daun singawalang yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Membantu mengurangi bahaya radikal bebas

Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan dari tanaman ini adalah dapat membantu menangkal paparan radikal bebas. Hal ini karena tanaman singawalang diketahui memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam journal of ethnopharmacology, tanaman singawalang diketahui memiliki senyawa myricitrin. Senyawa myricitrin sendiri merupakan jenis glikosida flavonoid yang mempunyai sifat antioksidan, analgesik, dan anti peradangan. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa senyawa antioksidan juga dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit mematikan seperti kanker yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

2. Membantu mengurangi rasa sakit

Tanaman singawalang diketahui dapat digunakan sebagai obat herbal untuk meredakan neri atau rasa sakit. Hal ini dikarenakan daun singawalang memiliki manfaat anti peradangan yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Meskipun demikian, percobaan mengenai manfaat daun singawalang dalam meredakan nyeri masih sebatas pada hewan percobaan.

3. Membantu meningkatkan fungsi otak


Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam journal of ethnopharmacology, daun singawalang diketahui dapat meningkatkan fungsi otak dan fungsi memori jangka panjang pada tikus percobaan yang diberikan ekstrak daun singawalang. Tetapi, lagi - lagi hasil penelitian ini baru sebatas pada tikus percobaan sehingga efektifitasnya terhadap manusia masih memerlukan penelitian lebih lanjut.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search