Monday, March 16, 2020

Erlotinib : Obat Untuk Mengobati Penyakit Kanker Paru

Erlotinib : Obat Untuk Mengobati Penyakit Kanker Paru


Penyakit kanker merupakan suatu penyakit yang sangat mengerikan. Penyakit kanker disebabkan karena berkembangnya sel abnormal atau sel kanker didalam tubuh. Penyakit kanker terbagi kedalam beberapa jenis penyakit lainnya dan dinamakan berdasarkan organ tubuh yang diserang. Ketika sel kanker banyak berkembang di organ hati maka disebut sebagai kanker hati, ketika sel kanker berkembang pada darah manusia maka disebut sebagai kanker darah, dan sebagainya. Salah satu penyakit kanker yang sering terjadi dan menyerang masyarakat Indonesia adalah penyakit kanker paru. Kanker peru merupakan salah satu jenis dari penyakit kanker yang ditandai dengan berkembangnya sel abnormal atau sel kanker didalam jaringan paru - paru.

Penyakit kanker paru sangat rentan menyerang seorang perokok aktif, maupun orang yang sering terpapar polusi udara. Hal ini karena didalam asap rokok maupun asap kendaran bermotor terdapat zat karsinogen atau zat radikal bebas yang menjadi pemicu utama dari penyakit kanker paru. Untuk mengatasi penyakit kanker paru, anda bisa melakukan beberapa jenis pengobatan mulai dari prosedur operasi, terapi radiasi, hingga kemoterapi. Dokter juga akan memberikan obat anti kanker kepada anda yang bertujuan untuk membunuh dan menghentikan pertumbuhan sel kanker yang sedang berkembang. Salah satu jenis obat yang bisa anda gunakan untuk mengatasi penyakit kanker paru adalah erlotinib.

Erlotinib merupakan obat yang sering digunakan utnuk mengobati penyakit kanker paru. Obat ini juga bisa digunakan bersamaan dengan obat lain untuk mengobati penyakit kanker pankreas. Erlotinib termasuk kedalam jenis obat kinase inhibitors yang bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengikat protein epidermal growth factor receptor pada beberapa jenis tumor. Minumlah obat ini setidaknya 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan sebanyak satu kali sehari atau sesuai dengan petunjuk dokter. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Erlotinib merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis erlotinib untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk non small cell lung cancer : 150 mg diminum satu kali sehari
  • Dosis dewasa untuk kanker pankreas : 100 mg diminum satu kali sehari.


Dosis erlotinib untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis erlotinib yang cocok dan pas untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak - anak sehingga hanya diperbolehkan penggunaannya untuk pasien dewasa saja.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, erlotinib juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat erlotinib, yaitu :
  • Sakit perut ringan, mual, dan diare
  • Penurunan berat badan
  • Munculnya jerawat
  • Kulit kering
  • Kelelahan




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search