Monday, March 16, 2020

Esomeprazole : Obat Untuk Mengurangi Kadar Asam Lambung Dalam Perut

Esomeprazole : Obat Untuk Mengurangi Kadar Asam Lambung Dalam Perut


Pernahkah anda mengalami penyakit asam lambung ? Hampir semua orang pasti pernah mengalaminya. Ketika mengalami penyakit tersebut, pasti perut anda akan terasa kembung, begah, dan seringkali muncul rasa sakit. Asam lambung sendiri merupakan zat asam hidrokolat (HCI) yang ada pada lambung manusia. Zat asam hidrokolat yang terdapat pada lambung ini memiliki fungsi untuk membantu lambung dalam menghancurkan makanan menjadi lebih lunak sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh. Sehingga, makanan tersebut dapat diserap oleh tubuh dan diubah menjadi energi. Asa lambung merupakan zat yang memiliki peranan penting dalam sistem pencernaan. Tetapi, jika kadar atau intensitas asam lambung yang ada didalam perut seseorang terlalu tinggi, hal tersebut justru dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan, yang kita kenal dengan sebutan penyakit asam lambung.

Penyakit asam lambung dalam dunia medis dikenal dengan istilah GERD. GERD sendiri merupakan singkatan dari Gatroesophageal Reflux Disease. Penyakit ini ditandai dengan munculnya rasa sakit atau sensasi seperti terbakar di bagian dada yang disebabkan naiknya asam lambung dan mengikis rongga dada bagian dalam. Rasa sakit yang terjadi terkadang diiringi oleh rasa nyeri pada ulu hati yang sangat mengganggu. Jika dibiarkan begitu saja, penyakit asam lambung bisa mengganggu aktivitas sehari - hari. Untuk mengatasi penyakit asam lambung, anda bisa menggunakan obat esomeprazole. Esomeprazole merupakan obat yang termasuk kedalam golongan proton pump inhibitors (PPI) yang bekerja dengan cara mengurangi kadar asam lambung yang ada didalam perut.

Esomeprazole termasuk jenis obat resep yang hanya bisa dibeli dengan menggunakan resep dari dokter. Obat ini sering digunakan untuk mengobati beberapa penyakit seperti Tukak lambung, penyakit asam lambung, Mencegah pendarahan saluran cerna, Mengatasi gejala GERD, Mengatasi kerusakan perut dan esophagus karena asam lambung, serta berbagai penyakit akibat asam lambung lainnya. Esomeprazole merupakan obat yang harus dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi medis pasien dan respon pasien terhadap pengobatan yang sedang dilakukan. Esomeprazole merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis esomeprazole untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk GERD : 20 mg oral sekali sehari selama 4 minggu.
  • Dosis dewasa untuk esofagitis erosif : 20 - 40 mg oral sekali sehari selama 4 - 8 minggu.
  • Dosis dewasa untuk infeksi helicobacter : 40 mg, diminum sekali sehari selama 10 hari


Dosis esomeprazole untuk anak - anak

Dosis anak untuk GERD :
  • Usia 1 - 11 tahun : 10 mg sekali sehari, digunakan selama 8 minggu.
  • Usia 12 - 17 tahun : 20 mg sekali sehari, digunakan selama 4 minggu.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, obat esomeprazole juga bisa menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat esomeprazole, yaitu :
  • Sakit kepala
  • Mengantuk
  • Diare ringan
  • Mual
  • Sakit perut
  • Sembelit




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search