Monday, March 16, 2020

Etamsylate : Obat Untuk Menghentikan Pendarahan Pada Rahim

Etamsylate : Obat Untuk Menghentikan Pendarahan Pada Rahim


Darah merupakan cairan penting yang ada didalam tubuh manusia yang berfungsi untuk mengangkut berbagai nutrisi penting bagi tubuh seperti protein, vitamin, mineral, dan berbagai zat gizi lainnya untuk di edarkan ke seluruh tubuh. Darah memenuhi sekitar 2/3 dari keseluruhan tubuh manusia. Darah dipompa oleh organ jantung dan kemudian menyebar keseluruh tubuh melalui berbagai saluran yang disebut dengan pembuluh darah. Apabila seseorang mengalami kekurangan darah di dalam tubuhnya, maka orang tersebut bisa terkena anemia yang menyebabkan tubuhnya terlihat pucat, lesu, lunglai, dan lemas. Kemudian, jika seseorang kehilangan banyak darah dari dalam tubuhnya, baik disebabkan oleh pendarahan internal maupun pendarahan eksternal, maka orang tersebut bisa terancam nyawanya jika tidak ditangani secara cepat dan tepat.

Pendarahan atau hemoragi merupakan istilah kedokteran yang digunakan untuk menjelaskan proses keluarnya darah dari tempatnya semula. Jadi, pada mulanya darah hanya mengalir melalui pembuluh darah saja. Kemudian, ketika terjadi suatu insiden yang mengakibatkan pecahnya pembuluh darah dan darah mengalir ke area disekitarnya, maka hal tersebut dinamakan pendarahan. Pendarahan dapat terjadi hanya didalam tubuh saja (pendarahan internal) seperti ketika terjadi peradangan dan darah keluar dari dalam pembuluh darah serta dapat terjadi hingga ke luar tubuh (pendarahan eksternal) seperti mengalirnya darah dari dalam vagina, mulut, rektum, mimisan, atau saat kulit mengalami luka.

Jika dibiarkan begitu saja, pendarahan yang terjadi dapat mengurangi volume darah yang ada didalam tubuh. Hal ini dapat membuat tubuh seseorang mengalami kekurangan darah yang dapat berujung pada kematian. Oleh karena itu, ketika seseorang mengalami pendarahan hebat, maka anda harus menolongnya dengan cara menghentikan pendarahan tersebut dan segera membawanya ke dokter untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut. Untuk menghentikan pendarahan yang terjadi, dokter umumnya akan memberikan obat jenis hemostatik, salah satunya adalah etamsylate. Etamsylate merupakan obat yang termasuk kedalam jenis hemostatik yang bekerja dengan cara menghentikan aliran darah di pembuluh darah rahim (uterus).

Obat etamsylate umumnya digunakan untuk mengatasi pendarahan hebat yang tidak normal selama masa menstruasi. Obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi pendarahan hebat yang tidak normal yang disebabkan oleh IUCD. Selalu ikuti aturan dan petunjuk yang diberikan oleh dokter anda sebelum menggunakan obat ini. Jika anda merasa efek obat ini terlalu lemah atau terlalu kuat, anda jangan coba - coba untuk merubah dosisnya tanpa sepengetahuan dok ter anda. Etamsylate merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis etamsylate untuk orang dewasa
  • Menorrhagia : 500 mg sebanyak 4 kali sehari selama masa menstruasi.
  • Kontrol haemorrhage setelah operasi : 250 - 500 mg setiap 4 - 6 jam atau sesuai kebutuhan.


Dosis etamsylate untuk anak - anak
  • Pengobatan terhadap bayi yang mengalami pendarahan dengan berat badan kurang : 12,5 mg/kg IM/IV setiap 4 - 6 jam.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, obat etamsylate juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat etamsylate, yaitu :
  • Gatal - gatal
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Ruam pada kulit
  • Mual dan diare




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search