Monday, March 16, 2020

Etomidate : Obat Untuk Menghilangkan Rasa Sakit Saat Prosedur Operasi

Etomidate : Obat Untuk Menghilangkan Rasa Sakit Saat Prosedur Operasi


Pernahkah anda mengalami rasa sakit yang disebabkan oleh luka fisik ? Semua orang pasti pernah mengalaminya. Rasa sakit yang disebabkan oleh luka atau cedera fisik disebut sebagai persepsi nyeri. Kondisi ini dapat disebabkan oleh jaringan yang rusak atau rangsangan yang sangat intens seperti tidak sengaja membakar jari diatas kompor, maupun ketika tangan atau kaki anda terjepit pintu. Rasa sakit yang terjadi ketika tubuh mengalami luka fisik juga merupakan salah satu cara tubuh anda untuk melindungi diri dari terjadinya kerusakan yang lebih lanjut. Sinyal rasa sakit atau sinyal nyeri dimulai dari titik stimulasi atau lokasi dimana terjadinya cedera dan kemudian berlanjut ke saraf dan sumsum tulang belakang hingga sampai ke otak anda.

Rasa sakit sendiri bisa terasa sangat menyakitkan apalagi jika luka fisik tersebut dibuat secara sengaja seperti pada prosedur operasi yang membuat sayatan untuk mengangkat suatu penyakit. Untuk menghilangkan rasa sakit saat prosedur operasi, maka diperlukan suatu obat anestesi untuk menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan ketika menjalani prosedur operasi. Anestesi atau yang bisa disebut sebagai pembiusan merupakan suatu tindakan untuk menghilangkan rasa sakit ketika melakukan prosedur pembedahan maupun berbagai prosedur lainnya yang dapat menimbulkan rasa sakit. Obat anestesi sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yaitu pembiusan total yang dapat menghilangkan kesadaran secara keseluruhan, pembiusan lokal yang hanya menghilangkan kesadaran pada bagian tubuh tertentu, dan pembiusan regional yang menyebabkan hilangnya kesadaran akan rasa sakit pada bagian tubuh yang lebih luas.

Salah satu jenis obat anestesi yang sering digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada saat prosedur operasi adalah etomidate. Etomidate merupakan obat yang digunakan untuk melakukan anestesi umum yang dapat digunakan bersamaan dengan obat - obatan lain utnuk menyediakan anestesi pada operasi kecil. Etomidate merupakan obat yang disebut sebagai agen hipnotis yang bekerja dengan cara menghilangkan kesadaran akan rasa sakit pada area tubuh tertentu. Sehingga, seseorang tidak akan mengalami kesakitan ketika dilakukan prosedur operasi selama efek dari obat bius tersebut masih bekerja. Obat ini hanya boleh diberikan oleh tenaga medis professional dan tidak boleh digunakan secara sembarangan. Etomidate merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis etomidate untuk orang dewasa
  • Induksi anestesi : 300 mcg/kg diberikan secara perlahan selama 30 - 60 detik pada pembuluh darah besar yang terdapat pada lengan anda (pembuluh vena).
  • Dosis lansia : 120 - 250 mcg/kg, kemudian dilanjutkan sesuai dengan efek.


Dosis etomidate untuk anak - anak
  • Induksi anestesi : Maksimal 30% dari dosis orang dewasa.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, obat etomidate juga dapat menimbulkan efek samping jika digunakan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. 


Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat etomidate, yaitu :
  • Nyeri pada pembuluh darah
  • Batuk
  • Rasa kantuk
  • Mual
  • Pergerakan otot yang tidak terkendali
  • Muntah



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search