Monday, March 16, 2020

Ketahui Cara Mengatasi Kesulitan BAB Pada Bayi

Ketahui Cara Mengatasi Kesulitan BAB Pada Bayi


Sebagai orang tua, tentunya kita sangat menginginkan anak kita tumbuh sehat tanpa mengalami penyakit apapun. Tetapi, adakalanya bayi kita juga bisa terserang berbagai gangguan kesehatan, salah satunya adalah konstipasi atau sulit buang air besar. Sebagai orang tua, tentunya kita merasa kasihan jika melihat anak atau bayi kita menangis setiap kali buang air besar. Hati orang tua mana yang tidak merasakan pilu jika melihat hal tersebut. Jika bayi anda mengalami konstipasi atau kesulitan buang air besar, anda tidap perlu panik. Gejala konstipasi pada anak masih bisa disembuhkan dengan menggunakan pengobatan rumahan. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi kesulitan BAB atau buang air besar pada bayi.

Secara umum, bayi atau balita rata - rata melakukan buang air besar sebanyak 1 kali setiap harinya. Kemudian, ketika anak anda melakukan buang air besar kurang dari 3 kali dalam sepekan, maka biasanya feses anak anda akan mengalami pengerasan sehingga sulit untuk dikeluarkan. Jika terjadi hal demikian, anda tidak perlu khawatir, karena kondisi ini merupakan hal yang normal erjadi. Tetapi, jika konstipasi atau sulit buang air besar ini tidka kunjung sembuh dalam kurun waktu dua minggu, maka anda harus segera melakukan berbagai upaya untuk mengatasinya. Gejala konstipasi pada anak biasanya ditandai dengan feses yang kering, keras dan besar serta disertai rasa sakit saat mengeluarkannya.


Selain itu, kondisi kontipasi juga menandakan bahwa bayi anda mengalami masalah pencernaan dengan gejala sebagai berikut :
  • Sakit perut
  • Perut kembung
  • Rasa tidak nyaman pada perut
  • Kehilangan selera makan
  • Rewel
  • Menangis atau berteriak ketika buang air besar
  • Mengeluarkan sedikit cairan feses pada popok atau celananya


Perlu diketahui, bahwa ada banyak sekali hal yang bisa menyebabkan terjadinya konstipasi pada anak, yaitu :
  • Makanan yang rendah serat : Anak anda akan mengalami gangguan percernaan jika ia teralu banyak mengkonsumsi keju, yoghurt, atau selai kacang tetapi sangat jarang mengkonsumsi sayur maupun buah. Hal ini karena makanan olahan tersebut seperti keju, yoghurt dan sebagainya merupakan makanan yang rendah serat.
  • Ketakutan di toilet : Terkadang, anak - anak sering menglaami ketakutan ketika masuk kedalam toilet. Entah takut karena gelap, dingin, kotor, ataupun karena melihat sesuatu yang tidak kasat mata. Hal ini tentunya dapat membuat anak anda terganggu metabolismenya dan proses buang air besar menjadi tertahan serta terhambat. Jika dibiarkan begitu saja, hal ini dapat berkembang menjadi konstipasi.
  • Dehidrasi : dehidrasi atau kekurangan cairan juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya konstipasi atau kesulitan buang air besar pada anak. Kondisi ini membuat feses anak anda menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan.


Untuk mengatasi kondisi kesulitan buang air besar pada anak, anda bisa melakukan beberapa hal seperti berikut ini, yaitu :

1. Perbanyak konsumsi air putih

Seperti yang sudah dibahas diatas, salah satu penyebab konstipasi atau sulit buang air besar pada bayi adalah dehidrasi. Untuk mengatasi hal ini, maka berikan asupan air putih yang cukup kepada bayi anda. Hal ini tentunya dapat membuat feses anak anda menjadi lebih lunak sehingga mudah untuk dikeluarkan.

2. Berikan jus buah

Jika anak atau bayi anda belum bisa mengkonsumsi buah secara utuh, anda bisa memberikan jus buah kepada buah hati anda. Seperti yang telah kita ketahui bahwa buah merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan serat dan dapat melancarkan pencernaan. Dengan memberikannya asupan serat, maka diharapkan BAB anak anda menjadi lebih lancar dan tidak mengalami konstipasi lagi.

3. Melatih kaki bayi


Untuk melancarkan pencernaan bayi, anda juga bisa melatih tubuhnya. caranya adalah dengan menempatkan bayi dalam posisi telentang di depan anda, kemudian angkatlah kedua kakinya. Lalu, buatlah gerakan seolah bayi anda sedang mengayuh sepeda. Gerakan ini dipercaya dapat membantu melepaskan tekanan pada perut, sehingga usus pun bisa bekerja dengan baik.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:



Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search